KAJIAN HASIL PELAKSANAAN PELATIHAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BAGI GURU SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2018
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (2001). Research Method in Education 6th. New York: Routledge.
Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud RI.
Hake, R.R. (1998). Interactive-Engagement Vs Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1): 64-74.
IANAS-IAP. (2017). Inquiry-Based Science Education, Promoting changes in science teaching in the Americas. Mexico: IANAS.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khoiriyah, A.J., Zubaidah, S., Syamsuri, I. (2017). Penerapan Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pengetahuan Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3): 409-415.
Kumari, P., Arora, S.K., Tiwari, S. (2015). Impact of Inquiry-Based Teaching Model on Academic Achievements in Social Science Subject of 9th Class Student of Secondary Schools Located in Urban Area. International Journal of Recent Research Aspects, 2(4): 154-158.
Laila. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SEAMEO QITEP in Science. (2015). 2nd Five Year Devlopment Plan.
Eneng, S. (2016). Pengembangan Model Diklat Inkuiri Berjenjang untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Inkuiri Guru IPA SMP. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v4i1p16-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
