DEVELOPMENT OF PBL-BASED LKPD ON HUMAN DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL FOR GRADE VIII JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Larutan. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.010.07
Alim, F. A. N. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam peningkatan kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 4 Watampone. Jurnal Al-Qayyimah, 3(2), 54–69. https://doi.org/10.30863/aqym.v3i2.1087
Arends, R. I (2012). Learning to Teach. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (9th ed., Vol. 5, Issue 1). McGraw-Hill.
Ariani, D., & Meutiawati, I (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di SMP. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 13. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477
Arikunto, S (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Assyifa, A. R et al. (2023). Mengevaluasi Proses Pembelajaran Dengan Metode Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di PAUD. Jurnal Pendidikan West Science, 1(05), 236–241. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i5.321
Faujiah, N et al. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.
Gorghiu, G et al. (2015). Problem-based Learning - An Efficient Learning Strategy in the Science Lessons Context. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1865–1870. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.570
Lestari, O. D., & Suyoso. (2018). Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning Pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 12–17. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/10476
Magdalena, I et al. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem - Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Priyanti, N. P. R. A., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Research & Learning in Primary Education Pengembangan, 2(4), 53–69.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia, 09(02), 193–210.
Rohmah, S. N., & Roviati, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Menggunakan Aplikasi Youtube. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 6(1), 44–50. https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2651
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Saleh, A. A., & Mirna. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(4), 16–21.
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403–411. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p403-411
Sihombing, E. N., & Widiastuti. (2021). Penerapan Strategi Komunikasi Instruksional Dalam Pemberian Instruksi Siswa TK Selama Pembelajaran Online. Jurnal Educatio, 7(4), 2044–2049. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1685
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Sujarwo, C. G. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 123–130. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320
Thahara, I. P., Mulyadi, H., & Utama, D. H. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas Bisnis Dan Kewirausahaan. Journal of Business Management Education (JBME), 1(2), 70–74. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i2.5966
Tiara, R. T. S., Suherman, & Atikah, C. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Aplikasi Liveworksheets Untuk Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 32–44. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1555
Utami, M., Risdianto, E., & Hamdani, D. (2022). Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 2(1), 25–32.
Wahdah, N. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V SDN 21 Temban Kec. Enrekang Kab. Enrekang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131569340/pengabdian/kualitas-lks.pdf
Yuniar, R et al. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model PBL (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408
Yusuf, A. D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v8i2p57-68
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.