PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Kadek Aayu Astiti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual menggunakan model R & D dengan model uji coba one group pretest-posttes design. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model Borg & Gall (1989) dengan tahap (1) penelitian dan pengumpulan data melalui survei, (2) perencanaan, (3) penyusunan bahan ajar cetak, (4) uji validitas pakar, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan skala kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan skala luas, (9) revisi produk final, (10) diseminasi. Uji coba lapangan dilakukan di SMA N 2 Kupang dengan melibatkan siswa kelas XI IPA 7 sebagai sampel dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa saat uji skala kecil dan satu kelas yang terdiri dari 30 siswa saat uji skala besar. Beberapa jenis instrumen yang digunakan yaitu: 1) lembar Penilaian dengan responden ahli media dan materi; 2) Instrumen angket, untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar, dan 3) Instrumen tes, berupa lembar penilaian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui kualitas bahan ajar. Hasil yang diperoleh yakni nilai pada kategori baik oleh ahli media dan sangat baik oleh ahli materi. Saat uji skala kecil pada guru dan 6 orang siswa diperoleh nilai pada kategori sangat baik. Hasil saat pemberian tes adalah terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif dengan nilai gain score sebesar 0,3 yang pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, R. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bervisi SETS (science, environment, technology, and society) Terintegrasi Karakter. skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas negeri semarang.

Borg, W.R. & Gall, M. D. 1989. Educational research an Introduction. New York: Longman.

Purwanto, Y. & Swaditya Rizky. 2015. Pengembangan bahan ajarberbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. Aksioma: Jurnal pendidikan matematika FKIP Universitas Muhammadiyah metro. Vol. 4 No.1, pp: 67-77

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Satriawan, M. & Rosmiati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6 No. 1, pp:1212-1217.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p29-%2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats