ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA YANG BELAJAR MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DISERTAI FORMATIVE ASSESSMENT BERBANTUAN WEB

Sri Rahmawati, Sentot Kusairi, Sutopo Sutopo

Abstract


Penguasaan konsep merupakan kemampuan dasar bagi siswa untuk memahami suatu pengetahuan secara baik dan benar. Namun, fakta lapangan menunjukan bahwa penguasaan siswa masih rendah salah satunya pada materi Momentum dan Impuls. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep Siswa yang belajar materi momentum dan Impuls berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain embedded experimental. Data dari penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan postest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi selama  pembelajaran serta wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen pengukuran penguasaan konsep diadaptasi dari energy and momentum conceptual survey (EMCS). Data dianalisis dengan paired sample t-test, rata-rata N-gain, dan d-effect size. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data, coding, deskripsi dan interprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls Berbasis Scientific Approach disertai formative assessment Berbatuan Web Meningkat. Hasil t-test didapatkan nilai yang signifikan (p = 0,00 < 0,05) antara skor pretest dan postest. Nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0,33 yang termasuk kategori medium bawah. Sedangkan, Kekuatan dampak atau keefektivan pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa dilakukan perhitungan d-effect size. Nilai d-effect size sebesar 1,31 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil wawancara juga diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep Momentum dan Impuls berdasarkan hukum Newton II dan III.

 

Kata kunci: Penguasaan Konsep, Scientific Approach, Formative Assesment


Full Text:

PDF

References


Anderson, L., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy For learning, Teaching, and Assesing; A revision of bloom's Taxonomy of Education objectives. New york: Addison Wesley Lonman Inc.

Bao, L., Cai, T., Koenig, K., Fang, K., Han, J., Wang, J., … Luo, Y. 2009. Learning and Scientific Reasoning. Science, 3235914, 586–587.

Barber, T. X. 1969. Hypnosis: A Scientific Approach.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori -teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Dolan, E., & Grady, J. 2010. Recognizing Students’ Scientific Reasoning: A Tool For Categorizing Complexity Of Reasoning During Teaching By Inquiry. Journal of Science Teacher Education, 211, 31–55.

Ediyanto. 2014. Pengembangan Model Penilaian Formatif Berbasisweb Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal pendidikan sains. 2(2). 63-75.

Kautz C. H., Heron, P. R. L., Loverude, M. E., and McDermott, L. C. (2005). Student understanding of the ideal gas law, Part I: A macroscopic perspective. American Journal of Physics, 73, 1055-1063.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 59 Tahun 2014 Tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kusairi, S. 2012. Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 68–87.

Lawson, A. E. 2004. The Nature And Development Of Scientific

Reasoning: A Synthetic View. International Journal of Science and Mathematics Education, 23, 307.

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barrett, K. C. 2004. SPSS for introductory Statistics: Use and interpretation. Psychology Press.

Romli, M. 2011. Pengaruh feedbacak terhadap penguasaan konsep larutan dan hasil kali kelarutan (kuasi eksperimet pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Şekercioğlu, A. G., & Kocakülah M. S. 2008. Grade 10 Students’ Misconceptions About Impulse and Momentum. Journal of Turkish Science Education, 5(2), 47–59.

Sutopo,S.2016. Students’understanding Of Fundamental Concepts Of Mechanical Wave. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 121, 41–53.

Tayubi, Y. R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index CRI. Mimbar Pendidikan, 324, 4–9.

Waldrip, B., Rodie, F., & Sutopo, S. 2014. The Implications Of Culture For Teachers’ Use Of Representations. In Science Teachers’ Use of Visual Representations pp. 171–193. Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p1%20-%206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats