MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS IX SMP AR-RAUDLAH JEMBER

Niko Oktarian

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlihatnya sikap ilmiah siswa di SMP Ar-Raudlah Jember. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam belajar IPA. Sebagian siswa menganggap bahwa belajar IPA itu susah karena hanya mempelajari rumus–rumus dan mengaplikasikan dalam perhitungan. Disamping itu, banyak menuntut hafalan dalam berbagai nama ilmiah. Tuntutan kurikulum 2013 diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada siswa untuk mendorong motivasi dan sikap ilmiah. Untuk itu penulis menerapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menerapkan model Project Based Learning pada materi Bioteknologi Konvensional di kelas IX SMP Ar-Raudlah Jember. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan sikap ilmiah setiap siklusnya.Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan sikap ilmiah pada setiap siklus, nilai rata-rata konversi sikap ilmiah siswa pada siklus I yaitu 2.395, siklus II yaitu 2.708 dan siklus III yaitu 3.206, hal ini menunjukkan bahwa nilai sikap ilmiah pada setiap siklus sudah terjadi peningkatan dengan kategori baik dan sudah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥ 2,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi Bioteknologi Konvensional di Kelas IX SMP Ar-Raudlah Jember.


Full Text:

PDF

References


Dasna, I. W. 2012. Peran dan Tantangan Pendidikan MIPA dalam Menunjang Arah Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 30 November 2012.

Kunandar .2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakata: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Terkait Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha Volume 2 No. 1 (5-11).

Thomas. J.W. 2000. A Review Of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation. Tersedia pada: http://www.bie.org/images/uploads/general/9d06758fd346969cb63653d00dca55c0.pdf . Diakses pada 4 Oktober 2016.

Wahyudi. 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3(6): 389-401.

Waras, Kamdi. 2008. PBL: Belajar dan Pembelajaran dalam Konteks Kerja. Jurnal Gentengkali Volume 3 No. 3 (11-15)

Widiyatmoko. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Volume 1 No 1 (51-56).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p7-%2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats