PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN WHITEBOARD ANIMATION DRAWING KELAS VIII-C SMP NEGERI 2 WINONGAN

Anisatul Illiyin

Abstract


Strategi pembelajaran yang  kurang  tepat dapat menjadi salah satu sebab keaktifan belajar siswa menurun. Akibat rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa juga menjadi rendah. Hal ini juga yang terjadi pada siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, guru harus  dapat menentukan strategi pembelajaran yang yang tepat sehingga dapat mengaktifkan belajar siswa, diantaranya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation drawing . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation Drawing yang bagaimanakah yang mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan tahun pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2  siklus  dan  setiap  siklus  terdiri  dari  kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan sejumlah 21 siswa yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Dalam pelaksanaannya, pada saat pembelajaran IPA dengan model koperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation drawing berlangsung, dilakukan pengamatan terhadap keaktifan belajar, Setelah pembelajaran selesai, kepada siswa diberikan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Whiteboard Animation drawing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII-C SMPN 2 Winongan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pencapaian rerata perindicator dari siklus I ke siklus II. Pada aspek melibatkan diri dalam pengerjaan tugas kelompok terjadi peningkatan sebesar 36%, mengajukan pertanyaan baik pada guru maupun pada siswa terjadi peningkatan sebesar 14%, berpendapat atau menjawab pertanyaan guru atau siswa terjadi peningkatan sebesar 7% dan  pada aspek mengerjakan tugas (PR) terjadi peningkatan pencapain sebesar 15%. Dengan demikian disarankan kepada para guru, khususnya guru mata pelajaran IPA untuk menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Whiteboard Animation drawing sebagai alternatif dalam  meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Keywords


pembelajaran model STAD; whiteboard animation drawing; keaktifan belajar

Full Text:

PDF

References


Dierich, Paul D. 2001. Aktif Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Faizin, Khoirul. 2010. peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar Himpunan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS bergambar pada siswa kelas VII-A SMPN 2 Winongan. Penelitian Tindakan Kelas

Hamalik, Oemar .2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, M. dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lie, A. 2003. Cooperatif Learning. Jakarta: PT. Gramedia

Widiasarana Indonesia Maisaroh. 2004. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Keanekaragaman Hayati Kelas 1B Semester 1 SMA TPI Porong Sidoarjo Tahun Pelajaran 2004/2005, Skipsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Moloeng, L.J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

NCTM. 2004. NCTM Standards: Grades 9-12 Mathematics as Problem Solving. Download dari http://www.nctm.org pada tanggal 15 Januari 2006.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nur, M, dkk. 2000. Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Purwanti, Wiedia Carullina. 2003. Keefektifan Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II SMUN 1 Lawang Tahun Ajaran 2003/2004, Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti PLTPK

Prastowo, Andi. 2010. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukidin, Basrowi dan Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Insan Cendekia.

Tim. USAID. 2008. Modul Praktik Pembelajaran Yang Baik. Jakarta: Depdiknas.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i1p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats