PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan karakter nasionalis, gotong royong dan mandiri peserta didik dalam pembelajaran. Model PjBL memberi kesempatan peserta didik untuk bereksperimen menghasilkan karya sesuai materi terkait. Hal ini akan membuat peserta didik lebih menguasai materi pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembentukan karakter dan prestasi belajar peserta didik kelas IX-A SMPN 7 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dalam mempelajari Bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan pembentukan karakter dari 68,97% menjadi 89,66%, serta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dari 58,62% menjadi 86,21%.
Full Text:
PDFReferences
Collette & Chiappetta. 1994. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools (3rd ed.). New York:Merrill.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidiakan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Balai Pustaka.
Djaali dan Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Fatonah, Siti & Prasetyo, Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hamalik, O. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hamalik,O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Kemendiknas. 2016. Konsep Dasar Penguatan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Made Wena. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mills, N. 2009. A guide du routard simulation: Increasing self-efficacy in the standards through project-based learning. Foreign Language Annals, 42(4), 607-639. doi: 10.1111/j.1944-9720.2009.01046.x
Susilo, H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i1p32-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
