PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEPADATAN POPULASI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GEMPOL KABUPATEN PASURUAN

Nailil Marom

Abstract


Media merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran. Melalui media pembelajaran, guru akan lebih mudah menyampaikan informasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar serta mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Pasuruan.Dengan menggunakan tahapan survey hasil belajar siswa, perumusan dan alternatif pemecahan permasalahan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan. dan refleksi maka dapat disimpulkan  media gambar dalam bentuk tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif pada kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alhaddad, Idrus. 2012. Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1(1):31-44.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung : PT Saranan Tutorial Nurani Sejahtera

Lie, A. 2005. Cooperative Learning : Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Ruang Kelas. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Marom, N. 2009. Pengembangan Media Video Compact Disc Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Biologi Kelas VII SMPN 1 GEMPOL Pada Materi Ekosistem. Skripsi yang tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya

Nursisto. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah Acuan Siswa, Pendidik, dan Orang Tua. Surabaya : Penerbit Insan Cendekia

Punaji, Setyosari. Pemanfatan Media. Malang. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang PSG Rayon 15.

Rejeki, E.S. 2001. Meningkatkan Minat Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Team games Tournament. Buletin Pelangi Pendidikan Vol 4 No. 1 : 1 – 3.

Riduwan, 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta

Rustaman, Nurytani Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta:Universitas Pendidikan Indonesia

Sadiman A.S R, Raharjo, A. Hariono dan Rahardjito,1996. Media pendidikan. Jakarta : PT.Grafindo Persada

Susanto, P. 1999. Strategi Pembelajaran Biologi dan Sekolah Menengah. Malang : FPMIPA Universitas Negeri Malang

Tukiran, Taniredja, Faridli Miftah, Harmianto Sri. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfa Beta

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yatim, Riyanto. 2008. Paradigma Pembelajaran. Surabaya : Unesa Universiti Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i1p26-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats