PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERUPA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP
Abstract
Model Pembelajaran Project Based Learningmemberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan karakter Nasionalis dan Mandiri siswa dalam pembelajaran. Metode Peta Konsep memberi kesempatan siswa untuk menentukan kata yang tepat berdasarkan konsep-konsep terkait sehingga siswa akan lebih menguasai materi pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembentukan karakter dan prestasi belajar siswa kelas XI-A SMPN 4 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dalam mempelajari Perkembangbiakan Tumbuhan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL berupa peta konsep dapat meningkatkan pembentukan karakter yakni dari 64,71% menjadi 88,23% dan meningkatkan prestasi belajar siswa dari 73,53% menjadi 88,23%.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidiakan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Balai Pustaka.
Djaali dan Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Hamalik, O. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hamalik,O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Harahap Sahala. 2016. Sekilas tentang Active Learning. Solo.
Kemendiknas. 2016. Konsep Dasar Penguatan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Koes, S. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: JICA Universitas Negeri Malang.
Mangunwijaya. 2007. Kurikulum yang Mencerdaskan. Jakarta: Kompas.
Rusyan, Kusdinar, dan Arifin. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Silberman. 2006. Active Learning. Bandung: Nusamedia.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Suciati, dkk. 2015. BukuGuru IPS Kelas 7. Jakarta: Kemendiknas.
Widodo, dkk. 2016. BukuGuru IPA Kelas 7. Jakarta: Kemendiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i1p19-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
