PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA (FISIKA) DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IX-C SMP NEGERI 1 BEJI

Ekaristi Sungkawaningtyas

Abstract


Observasi pendahuluan yang diindikasikan adanya masalah dalam pembelajaran di kelas seperti rendahnya keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus Hopkins yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Beji Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitin ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didasarkan dari hasil tes dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan generik sains pada siklus II lebih baik dari pada siklus I, dari 64,24% meningkat menjadi 78,13%. Demikian juga dengan ketuntasan hasil belajar IPA (Fisika) menunjukkan adanya peningkatan, dari 66,66% menjadi 85,70%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E disertai metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA (Fisika) siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Beji.

Full Text:

PDF

References


Djamarah. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Druxes, H. 1986. Kompedium Didaktik Fisika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamdi, W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: UM PRESS.

Liliawati, W dan Erna P. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasi Masalah dalam Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kreatif Siswa. Bandung: UPI Bandung.

Saptorini. 2008. Peningkatan Keterampilan Generik Sains bagi Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1): 190-198.

Sari, S.D.C. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) dengan Penilaian untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1): 1-6.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 521-531.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i1p13-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats