UPAYA PENINGKATAN ATENSI DAN PARTISIPASI GURU IPA MTS KABUPATEN MALANG DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Metri Dian Insani, Munzil Munzil, Sugiyanto Sugiyanto, Muhardjito Muhardjito, Erni Yulianti, Vita Ria Mustikasari, Novida Pratiwi, Safwatun Nida

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi/profesionalisme adalah dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara berkesinambungan. Praktik pembelajaran melalui PTK dapat meningkatkan profesionalisme guru karena PTK dapat membantu guru untuk: (1) mengembangkan kompetensi dalam menyelesaikan masalah pembelajaran mencangkup kualitas isi, efisiensi dan efektifitas pembelajaran, proses, dan hasil belajar siswa, (2) meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial, dan prefesional. Dengan melakukan PTK, guru menjadi terbiasa menulis. PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi, dan profesionalisme guru dalam mengajar. Berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat tersebut, prodi pendidikan IPA mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan penulisan artikel berbasis PTK untuk MGMP IPA MTs Kabupaten Malang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menstimulus atensi guru sehingga dapat berpartisipasi aktif melakukan PTK dan menuliskan laporan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang dihasilkan selanjutnya dapat dipublikasikan dalam seminar/proceding/jurnal terakreditasi dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme guru. Tercatat sebanyak 57 orang guru IPA terlibat dalam pelaksanaan PTK dan kemudian membuat outcome berupa artikel ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Harumi. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta

PP RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winataputra, Udin S. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Wiratmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i2p1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats