WORKSHOP PENGEMBANGAN SOAL-SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) BAGI MGMP IPA SMP BANYUWANGI

Agung Mulyo Setiawan, Munzil Munzil, Sugiyanto Sugiyanto, Muhardjito Muhardjito, Novida Pratiwi, Erni Yulianti, Vita Ria Mustikasari, Erti Hamimi, Muhammad Fajar Marsuki

Abstract


Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang meliputi 3 ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ranah pengetahuan yang hendak dicapai oleh guru-guru IPA SMP saat ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking Skills). Civitas Akademik Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan workshop pengembangan soal-soal HOTS bagi MGMP IPA SMP Banyuwangi. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 120 guru, dengan latar belakang pendidikan yakni Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia. Materi yang disampaikan diawali dengan pengenalan Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) dan Kurikulum 2013 untuk IPA SMP, dilanjutkan dengan materi utama yaitu materi dalam IPA dan pengembangan soal HOTS (High Order Thinking Skills). Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi MGMP IPA SMP Banyuwangi ini terlaksana dengan baik dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Empat Perbaikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

PPRI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sagala,

Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

UURI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UURI Nomor 14 tahun 205 tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p21%20-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats