IMPLEMENTASI LKS BERKONTEN LITERASI SAINS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Dwi Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diperkaya dengan literasi sains berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritis siswa SMP.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasirian pada tahun pelajaran 2017-2018. Kelas uji terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Hasil uji coba penggunaan LKS diperkaya literasi sains berbasis kearifan lokal menunjukkan adanya perbedaan ketrampilan berpikir kritis siswa, pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yaitu pada pada indikator fokus (0,71) dan tinjauan (0,70) pada kisaran N-gain berkategori tinggi. Sedangkan pada indikator berpikir kritis yang lain kelas eksperimen dan kelas kontrol  menunjukkan kisaran N-gain berkategori sedang. Dari hasil perhitungan paired sample t-test didapatkan nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 yang mengindikasikan nilai postest setelah melakukan literasi sains berbasis kearifan lokal lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest sebelum dilakukan penerapan. Simpulan penelitian ini menunjukkan implementasiLKS yang diperkaya literasi sains berbasis kearifan lokal yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa.

Full Text:

PDF

References


Aktamis, H. & Ergin, O. 2008. The Effect on Scientific Process Skills Educationon Students' Scientific Creativity,Science Attitudes and AcademicAchievements. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1): 1-21.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfa Beta.

Costa, A. L. 2010. Developing Minds; A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: ASDC Publications.

Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dwianto, A., dkk. 2017. The Development of Science Domain Based Learning Tool Which Is Integrated with Local Wisdom To Improve Science Process Skill And Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(1): 23-31.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mariana, I. M. A., & Praginda, W. 2009. Hakikat IPA dan pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Nur, M & Wikandari, P. R. 2008. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Pendidikan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3(2): 118-127.

Parmin., S., Ashadi., & Sutikno. 2015. Skill of Teacher Candidates in Integrating the Concept of Science With Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 4(2): 120-126.

Rusman. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech. 1(2): 211-230.

Rahmawati, I., Arif H., & Sri R. 2016. Analisis Ketrampilan berpikir Kritis Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Pend. IPA Pascarsarjana UM.

Shafique, M., & Rao, M.R.K.K. 2012. Infusing Partwhole Relationship Critical Thinking Skills into Basic Computer Science Education. Proceedings of the 2006 International Conference on Frontiers in Education: Computer Science & Computer Engineering.

Trilling, B & C. Fadel. 2009. 21st Century Skills. USA: John Wiley and Sons.

Wibowo, A., & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah (Konsep, Strategi, Dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widarti, Tjandrakirana, & Widodo. 2013. Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. 3(1): 274-281.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i2p28-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats