Pengelolaan Program Keahlian Ganda Guru KompetensiTeknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMKN 12 Malang

Tahta Maulana Ari

Abstract


Keahlian ganda merupakan program yang dijalankan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan melibatkan berbagai pihak, yaitu Direktorat Jenderal GTK, PPPPTK, Dinas pendidikan kabupaten/kota, SMK, guru pembimbing, guru peserta Program Keahlian Ganda, program ini untuk terobosan kurangnya guru produktif di SMK. Tujuan Penelitian, untuk mengetahui persiapan, komponen pengelolaan, dan penilaian kegiatan keahlian ganda. Metode menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan trianggulasi metode. Hasil penelitian diketahui peserta guru keahlian ganda umur harus dibawah 55 tahun, bukan guru honorer. Guru pendamping harus kompeten dengan keahlian tertentu dan mempunyai pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Struktur progam yang digunakan dalam keahlian ganda semua sudah disusun oleh P4TK. Pelatihan menggunakan modul yang dijadikan acuan mengajar. Proses RPP dan belajar mengajar (ON) oleh peserta keahlia ganda menyesuaikan silabus sekolah. Dalam pembuatan RPP harus disesuaikan dengan KI/KD pada silabus. Penilainya meliputi ON-1, IN-1, ON-2, IN-2. Kriteria Capaian Minimal (KCM) memenuhi peserta keahlian ganda bisa melanjutkan ke tahap IN-1, dan seterusnya sampai IN-2. Untuk jadi peserta harus sesui syarat/kriteria yang telah ditentukan oleh Dirjen GTK, dan harus memilih guru yang berkometen di bidangnya untuk guru instruktur dan pendamping.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi,5(1) , 1118. Dari https://scholar.google.co.id/citations?user=WujtCR8AAAAJ&hl=id Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Benhabib, J., & Spiegel, M. M. 1994. The Role Of Human Capital In Economic Development Evidence from Aggregate CrossCountry Data. Journal of Monetary Economics, 34(2), 143–173. Dari https://sciencedirect.com. Dewi, P.F. 2018. Pengaruh Guru Profesional Dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pembelajaran SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. (online),http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article /view/1116/783. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Pedoman Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Moleong, L. J. 2005. Motodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaka. Mursyidi, S. Qomar. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPS Kelas VII Pada SubSubtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Putra, N. 2013. Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: PT Remaja Rosdaka. Rudin, D. A. 2017. Studi Kelengkapan dan Kelaikan Alat Pelindung Diri (APD) dan Peralatan Las Pada Laboratorium Pengelasan SMAW, TIG dan MIG Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Sahidu. H,. dkk. 2018. Penyuluhan Tentang Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendagogik Guru-Guru Di MAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian masyarakat, Vol. 1 No. 1, Februari 2018. Tirtarahardja, U & Sula, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Widayana & Mukhadis, A. 2017. Development of Vocational Education as Demands Revitalization of Vocational High School in Dual Skills Program. Vol. 04 No. 12; 2017 by authors and International Journal of Research and Engineering. Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VI No. 1 Hal. 87 - 93.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v2i1p102-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran



Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats