Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

ahmad Rubianto

Abstract


Abstrak: Mata kuliah Ilmu Bahan Teknik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembelajaran dengan sistem konvensional dalam proses pembelajaran Ilmu Bahan Teknik saat ini sudah bagus, namun dalam segi pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran masih kurang efektif, dan bisa dikembangkan lagi agar pembelajaran bisa lebih bervariasi dan mampu menjadikan mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain mengembangkan produk berupa modul berbasis aplikasi android untuk mata kuliah Ilmu Bahan Teknik serta mengetahui tingkat daya tarik mahasiswa terkait modul berbasis aplikasi android yang digunakan. Hasil validasi yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) validasi konstruk menunjukkan persentase 75%, (2) validasi konten menunjukkan persentase 79,41% (3) hasil face validity oleh kelompok kecil menunjukkan persentase 70,59%, (4) validasi ahli media menunjukkan persentase 90,63%, dan (5) ujicoba daya tarik oleh kelompok besar menunjukkan persentase 81,11%.

 

Kata Kunci: pengembangan modul, android, ilmu bahan teknik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Asmani, J. M. 2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press

Asnawir & Usman, B. 2002 Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pres

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gaya Media.

Degeng, I.N.S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djaali & Muljono, P. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Mulyatiningsih, E. 2011. Riset Terapan: Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi 2017. Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 mengenai Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sagala, S. 2006.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Semiawan, C. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siyoto, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subkhan, E. 2016. Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikan Untuk Perubahan Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparman, A. 1997. Desain Intruksional. Jakarta: PAU-PPAI Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Wirawan, P.W. 2011. Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web ke dalam M-Learning. Jurnal Universitas Diponegoro. (Vol. 2. No. 4 Hlm 22-23).

Zain, A & Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v2i2p124-133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran



Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats