Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Pembelajaran Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

ahmad habib galangrendika

Abstract


KPL and mictroteaching study are course programs of education as an effort to equip and give an experience of real teaching to education students. This study used ex post facto research method with quantitative approach. Population and sample of this study were Mechanical Engineering Education students of 2015 generation. Instrument used in this study as data collecting technique was an questionnaire. Results of study: 1) Analysis result of hypothesis test of KPL showed significance (0,001 < 0,05). 2) Analysis result of hypothesis test of microteaching study showed significance (0,000 > 0,05). 3) Analysis result of F test (simultaneity test) KPL and microteaching study showed significance (0,000 < 0,05) and Fcount  > Ftable (57,642 > 3,11).

Keywords: Kajian Praktik Lapangan (KPL), Microteaching Study, Readiness in Teaching


Full Text:

PDF

References


Agustina, W. A. 2016. Penerapan Penerapan Production Based Training (PBT) Dengan Bantuan Animasi Pada Standar Kompetensi Menerapkan Teknik Konversi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Cetakan Keempatbelas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Cetakan Ketujuh). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar

Nasional Pendidikan. (Online), (http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun- 2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf.), diakses 20 Maret 2019.

Pratidina, A. 2017. Kemampuan Guru IPA Kelas VIII SMP Muhammadiyah di Surakarta dalam Penyusunan RPP Tahun Akademik 2016/2017 Berdasarkan Technological Paedagogical And Content Knowledge (TPACK). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, Publikasi No. 75, Tahun 2017. Surakarta: Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pusat Pengembangan Program Lapangan (P4L). 2014/2015. Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang

Retno, D. 2012. Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Menurut Bloom – Perkembangan dan Peranan, (Online),

(http://DosenPsikologi.com.), diakses 20 Maret 2019

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarwono, J. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setiana, D. S. 2017. Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL), Self-Efficacy Akademik dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

UPPL. 2011. Panduan Pengajaran Mikro Edisi 2011. Yogyakarta: UPPL UNY.

Wartakota.tribunnews. 2015. Hasil Uji Kompetensi Guru Ternyata Masih di Bawah Standar, (Online),

(http://wartakota.tribunnews.com/2015/12/30/hasil-uji-kompetensi-guru-ternyata-masih-di-bawah-standar), diakses 20 Maret 2019

Wijaya, R. 2019. Pengaruh Practical Capabilities dan Teamwork Skills Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v3i1p1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran



Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats