Persepsi Siswa Mengenai Relevansi Materi Pembelajaran Mesin Frais CNC Dengan Praktik Industri

Moch Irsyad Hamami, Widiyanti Widiyanti

Abstract


Abstrak: Keterampilan siswa kejuruan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja industri, namun masih banyak lulusan kejuruan belum memenuhi kebutuhan industri. Sehingga materi dan keterampilan siswa perlu disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja industri. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi siswa SMK Sore Tulungagung tentang relevansi materi pembelajaran mesin frais CNC dengan praktik industri, melalui metode penelitian kuantitatif deskriptif. Tahapan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mencari persentase persepsi siswa, untuk dilihat relevansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman materi pembelajaran mesin frais CNC dengan praktik industri, dilihat berdasarkan persepsi siswa dinilai relevan dengan persentase sebesar 78%.

 

Kata Kunci: Persepsi siswa, Mesin frais CNC, Praktik industri

 


Full Text:

PDF

References


Billet, S. 2011. Vocational Education Purpose, Traditions, and Prospect. London: Springer Science+Business Media

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2017. Strategi Implementasi Revitalisasi SMK. Jakarta: Kemendikbud.

Gunanto, A, & Joko Pramono (2021). Teknik Pemesinan Frais SMK/MAK Kelas X Progam Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan ( Edisi Revisi 2017). https://www.google.co.id/books/edition/_/OIopEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Lesmana, Gusman, and Rizka Harfiani. 2022. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Medan: umsu press. https://books.google.co.id/books?id=t5VaEAAAQBAJ.

Nolker dan Schoenfeldt. 1983. Pendidikan Kejuruan Pengajaran, Kurikulum, Perencanaan. Jakarta: Diterjemahkan oleh Agus Setiadi Gramedia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini dan Darmono. 2016. Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Wulan, E. R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia. http://digilib.uinsgd.ac.id/2336/1/BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Yuliani, W, and E Supriatna. 2023. METODE PENELITIAN BAGI PEMULA. ed. Prio Utomo. Bandung: Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=P-HIEAAAQBAJ.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, (2016). http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i1p47-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moch Irsyad Hamami, Widiyanti Widiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats