Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Gambar Teknik Manufaktur Berbasis Project Based Learning (PJBL) di SMK Negeri 6 Malang

Bagus Nur Cahyo, marsono marsono marsono

Abstract


Media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik didefinisikan sebagai suatu bahan ajar cetak berupa lembaran kertas atau file yang didalamnya berisi materi, tugas dan petunjuk belajar, informasi pendukung sebagai pedoman bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mengacu kepada kompetensi dasar yang disusun secara sistematis. Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran sistematis yang melibatkan siswa dalam belajar ilmu pengetahuan dan mengasah ketrampilan mealalui proses penyelidikan terhadap masalah yang nyata dalam waktu yang bersamaan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pendekatan ADDIE. Merujuk dari hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Media Pembelajaran LKPD Gambar Teknik Manufaktur berbasis PjBL menunjukan kelayakan media pembelajaran dari hasil validasi ahli materi diketahui rata-rata hasil persentase kelayakan sebesar 74% dan rata-rata hasil persentase uji ahli media diperoleh nilai kelayakan sebesar 74% serta hasil uji coba lapangan pada kelompok besar yang dilakukan oleh siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 6 Malang sebesar 91%, sehingga produk ini dapat dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Berdasarkan keberhasilan dan kelayakan media pembelajaran LKPD di SMK Negeri 6 Malang, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah; (1) bahan ajar ini dapat digunakan guru sebagai variasi dalam mengajar, khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (2) peneliti memberikan saran pada para guru dan peneliti untuk terus belajar agar lebih efektif dalam mengembangkan model media pembelajaran lain.

Kata Kunci: LKPD, PjBL, SMK

Full Text:

PDF

References


Aghni, Rizqi Ilyasa. (2018). fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. jurnal pendidikan akuntansi indonesia, XVI, 98-107.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Aryanto, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Mapel Gambar Teknik Manufaktur Nozel Jurnal Pendidikan Teknik Mesin , 3(2), 110. https://doi.org/10.20961/nozel.v3i2.53360

Aryanto, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MAPEL GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2), 110. https://doi.org/10.20961/nozel.v3i2.53360

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Baharuddin, B., & Dalle, J. (2019). Transforming learning spaces for elementary school children with special needs. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 344–365.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.

Hanna Uly Yunitasari. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Berpendekatan SETS dengan Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP. Skripsi. UNS

Haris, M. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran

Muaifah, A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Basen Learning (PjBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pangkep. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin

Rohmah, A. dan H. M. (2020). 35320-Article Text-44057-1-10-20200706. JPGSD, Volume 8 No.3, 559–568. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35320/31406

Sapitri, N., Sahtun Sahwal, S., Satifah, D., Takziah, N., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2023). Peran Guru Profesional Sebagau Fasilitator Dalam Kegiatan Pembelajaran di sekolah dasar (Vol. 03, Issue 01)

Sapitri, N., Sahtun Sahwal, S., Satifah, D., Takziah, N., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2023). PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (Vol. 03, Issue 01).

Sari, L. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peseerta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purbolinggo. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

trigonometri menggunakan Adobe Flash CS3 untuk siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681

Wahyudi, Z. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Guna melihat kreativitas Peserta Didik Pada Materi Mengoperasikan Software Proteeus Kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i2p71-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bagus Nur Cahyo, marsono marsono marsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats