Pengaruh Discovery Learning Terhadap Skill Competency Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di SMK Negeri 2 Pasuruan

Muchlisun Akbar, Tuwoso Tuwoso Tuwoso

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan discovery learning terhadap skill competency siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin di SMK 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi atau objek penelitian sebanyak 90 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Adapun responden dalam dalam penelitian ini adalah kelas X TPM. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan memberi angket atau kuesioner dan tes pada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji f (simultan) dan uji t (parsial).

Kata Kunci: Discovery Learning, Skill Competency, kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Arif, S., Pratama, R. A. P., & Imron, A. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD. Jurnal Candrasangkala, 6(1), 1–16.

Creswell, J. W. (2015). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (3rd ed.). Pustaka Belajar.

Davis B Gordon. 1994. Management System Information. Jakarta: Midas Surya Grafindo.

Febriani Erdi, S., Yulkifli, & Murtiani. (2017). Pengaruh LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Rotasi Benda Tegar dan Fluida Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 15 Padang. Pillar of Physics Education, 10, 137–144.

Hafidzilhaj Haris, Imam Suprayogi, R. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=1680.

Hendrawan, S., Indraswari, & Yazid, S. (2012). Pengembangan human capital : perspektif nasional, regional dan global (S. Hendrawan, Indraswari, & S. Yazid (eds.); 1st ed.). Graha Ilmu.

Kemdikbud. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi

Kurniasih, I. (2014). Perancangan pembelajaran prosedur pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 (B. Sani & E. Pamungkas (eds.); 1st ed.). Kata Pena.

Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Aditya Media.

Noor, J. (2017). Metodologi penelitian : skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah (7th ed.). Kencana.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Salmi. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG. PROFIT, VOLUME 6(1), 16.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i2p89-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muchlisun Akbar, Tuwoso Tuwoso Tuwoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats