Pengaruh Kelas Industri terhadap Motivasi Belajar dan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Industri BUMA School di SMKN 1 Singosari

Much Yusron Wicaksono, Suharmanto Suharmanto Suharmanto

Abstract


Kelas Industri adalah program kolaborasi antara industri dan satuan pendidikan kejuruan yang menyatukan pembelajaran di sekolah dengan dunia industri. Kelas Industri juga merupakan salah satu model pelaksanaan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memadukan sistem pendidikan sekolah dengan sistem di industri secara tepat. Manfaat dari kelas industri memberikan dampak terhadap faktor-faktor pengaruh motivasi dan kesiapan kerja siswa dari faktor internal yang berasal dari dalam diri setiap individu maupun eksternal yang berasal dari faktor diluar dari individu. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar, kesiapan kerja, dan manfaat program kelas industri pada siswa kelas industri BUMA School di SMKN 1 Singosari. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh kelas industri terhadap motivasi belajar. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kelas industri terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah kelas industri (X), motivasi belajar (Y1), dan kesiapan kerja (Y2). Populasi penelitian adalah siswa kelas industri buma school di SMKN 1 Singosari yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dengan penetapan 30 responden sebagai sumber informasi data. Pengumpulan data yaitu dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif statistik untuk mengetahui nilai dari tingkat manfaat yang didapatkan siswa pada saat mengikuti program kelas industri, motivasi belajar siswa, dan kesiapan kerja siswa kemudian pengujian hipotesis parsial (uji-t) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan kelas industri terhadap motivasi belajar dan kesiapan kerja siswa. Pengolaan data dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi SPSS. Bedasarkan hasil analisis deskriptif statistik, skor mean pada variabel kelas industri yaitu sebesar 51,35 dari nilai skor maksimum 56. Nilai skor motivasi belajar sebesar 57,63 dan kesiapan kerja 59,1 dari nilai skor maksimum 64. Ketiga variabel tersebut berada pada kategori intepretasi sangat tinggi. Hasil dari analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan adanya pengaruh positif variabel X terhadap Y1 dan Y2. Hasil t hitung variabel kelas industri terhadap motivasi belajar, t hitung sebesar 4.888 > t tabel = 2.048 dan hasil t hitung variabel kelas industri terhadap kesiapan kerja, t hitung sebesar 6.688 > t tabel = 2.048.

Kata Kunci: Kelas Industri, Motivasi Belajar, Kesiapan Kerja

Full Text:

PDF

References


Caballero, C. L., Walker, A., dan Fuller, M., 2011. The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates, Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41-45.

Danutirta, S. S. 2018. Pengelolaan Kelas Industri di SMKN 2 KLATEN, Junal tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ditjen Vokasi. 2022. Ini Dia Manfaat Ikut Kelas Industri ! https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024

Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024.

Farhan, M. A., dan Arifin, Z. 2018. The Implementation of Teaching Factory Model in Improving the Quality of Vocational School Graduates in Indonesia. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 1-8.

Irsyandi, A. 2017. Analisis penyerapan tenaga kerja bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan, Malang: Fakultas Teknik UM.

Jatmiko, H. 2022. Implementasi Model Kelas Industri SMK untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Vokasi, 4(2), 618-628.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Bantuan Pelaksanaan Kelas Industri di SMK. Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2023. Rapor Pendidikan Indonesia 2023. https://www.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024

Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pengembangan Pendidikan Vokasi. http://jdih.kemenperin.go.id diakses pada tanggal 20 April 2024

Retnaningtyas, S., Wiyono, B. B., dan Supriyanto, A. 2018. Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bidikmisi dan Reguler. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan (JMSP), 2(3), 202-209.

Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, A. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kesiapan Kerja untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 319-330.

Widiyanti, Solichin, dan Yoto. 2017. Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan dan Industri (Studi Kasus Pendidikan Kelas Industri SMK Nasional Malang dengan Astra Honda Motor). Jurnal Teknologi dan Kejuruan. , Volume 40 No. 2, 181-192.

Yoto. 2014. Model “Diklastri” sebagai Alternatif Meningkatkan Mutu Lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 125—131.

Yuliastini, D., Widyastuti, D. E., dan Mulyono, A. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 86-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i2p98-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Much Yusron Wicaksono, Suharmanto Suharmanto Suharmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats