Pengaruh Kelas Industri terhadap Motivasi Belajar dan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Industri BUMA School di SMKN 1 Singosari
Abstract
Kata Kunci: Kelas Industri, Motivasi Belajar, Kesiapan Kerja
Full Text:
PDFReferences
Caballero, C. L., Walker, A., dan Fuller, M., 2011. The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates, Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41-45.
Danutirta, S. S. 2018. Pengelolaan Kelas Industri di SMKN 2 KLATEN, Junal tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ditjen Vokasi. 2022. Ini Dia Manfaat Ikut Kelas Industri ! https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024
Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024.
Farhan, M. A., dan Arifin, Z. 2018. The Implementation of Teaching Factory Model in Improving the Quality of Vocational School Graduates in Indonesia. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 1-8.
Irsyandi, A. 2017. Analisis penyerapan tenaga kerja bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan, Malang: Fakultas Teknik UM.
Jatmiko, H. 2022. Implementasi Model Kelas Industri SMK untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Vokasi, 4(2), 618-628.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Bantuan Pelaksanaan Kelas Industri di SMK. Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2023. Rapor Pendidikan Indonesia 2023. https://www.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 20 April 2024
Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pengembangan Pendidikan Vokasi. http://jdih.kemenperin.go.id diakses pada tanggal 20 April 2024
Retnaningtyas, S., Wiyono, B. B., dan Supriyanto, A. 2018. Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bidikmisi dan Reguler. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan (JMSP), 2(3), 202-209.
Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, A. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kesiapan Kerja untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 319-330.
Widiyanti, Solichin, dan Yoto. 2017. Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan dan Industri (Studi Kasus Pendidikan Kelas Industri SMK Nasional Malang dengan Astra Honda Motor). Jurnal Teknologi dan Kejuruan. , Volume 40 No. 2, 181-192.
Yoto. 2014. Model “Diklastri” sebagai Alternatif Meningkatkan Mutu Lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 125—131.
Yuliastini, D., Widyastuti, D. E., dan Mulyono, A. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 86-94.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i2p98-107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Much Yusron Wicaksono, Suharmanto Suharmanto Suharmanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index
E-ISSN 2623-1271
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.
View My Stats