PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGGUNAAN DIAL INDIKATOR DAN CYLINDER GAUGE UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 11 MALANG

Muhammad Choirul Anam, Imam Muda Nauri, Paryono Paryono

Abstract


Modul merupakan salah satu bahan ajar yang baik digunakan untuk pembelajaran di SMK. Namun modul belum tersedia dan digunakan di SMK Negeri 11 Malang. Oleh karena itu perlu untuk mengembangkan modul  yang baik dan efektif khususnya untuk materi penggunaan dial indikator dan cylinder gauge. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan, diperoleh hasil sebesar 88,50% siswa X TKR telah menguasai materi Sistem Bahan Bakar Injeksi Bensin. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 93,73% siswa X TKR memberikan respon yang positif terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran.

Keywords


modul, peer mediated instruction and intervention (PMII), penggunaan dial indikator dan cylinder gauge

Full Text:

PDF

References


Abimanyu. 2012. Metode Pembelajaran yang Berpusat Kepada Siswa, (Online), (http://www.pjjpgsd.dikti.go.id), diakses 11 November 2012.

Arikunto. S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisandi. Tanpa Tahun. Pengertian Pengembangan, (Online), (http://www.arisandi.com), diakses 2 November 2011.

Asyahar. 2011. Pengertian Modul, (Online), (http://www.Asyharfi.com), diakses 19 Juni 2011.

Bandono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar, (Online), (http://bandono.web.id), diakses 2 November 2011.

BSNP. 2011. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan, (Online), (http://www.bsnp-indonesia.org), diakses 8 Desember 2011.

Class wide Peer Tutoring. Tanpa Tahun, (Online), (http://www.cecp.air.org), diakses 7 Agustus 2011.

Guru SMK Negeri 11 Malang. 2015. Daftar Absensi Kelas X SMK Negeri 11 Malang Tahun Pembelajaran 2015/16.

Guru SMK Negeri 11 Malang. 2015. Daftar Nilai Kelas X SMK Negeri 11 Malang Tahun Pembelajaran 2015/16.

Guru SMK Negeri 11 Malang. 2015. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang Tahun 2015/2016.

Guru SMK Negeri 11 Malang. 2015. Silabus SMK Negeri 11 Malang Kelas X Tahun Pembelajaran 2015/16.

Hall. 2003. NCAC Classroom Practices : Peer Mediated Instruction and Intervention, (Online), (http://www.aim.cast.org), diakses 7 Juli 2011.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Ishaq. 2012. Model Pengembangan Four-D,(Online),http://www.ishaqmadeamin.com), diakses 5 Agustus 2012.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2014. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Pendidikan Nasional Universitas Negeri malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang.

Linardi. 2014. Alat Ukur Silinder Bore Gauge (Cylinder Bore Gauge), (Online), (http://linardi-hf.blogspot.co.uk), diakses 5 mei 2014.

Nurseha. 2011. Pendidikan Vokasional Memacu Kreatifitas, (Online), (http://www.sukabumikota.go.id), diakses 1 September 2011.

Peer Mediated Instruction, (Online), (www.wikipedia.org), diakses 15 Oktober 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 70. 2013. Tentang Kerangka Dasar Stuktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Perawatan Mobil dan Sepeda Motor, (Online), (www.wikipedia.org), diakses 13 Desember 2014.

Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA Press.

Pusat Perbukuan. 2005. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Raditya. C. O. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Sistem AC Untuk Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang

Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran, (Online),(http://www.blog.unnes.ac.id), diakses 2 November 2011.

Rosyid. 2010. Pengertian, Fungsi dan Tujuan Penulisan Modul, (Online), (http://www.rosyid.info), diakses 2 November 2011.

Sasongko. 2013. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Malang: PPPPTK BOE Malang.

Sehwarat dan Narang. 2001. Pengertian maintenance, (Online), (http://saudara.blogspot.co.uk), diakses 18 September 2001.

Sofyan. A. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Bahan bakar Injeksi bensin Untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang

Sofyan, A. dan Santoso, A. D.. 2012. Kurikulum Pelatihan Singkat Pelatihan Teknik Kendaraan Roda Empat Dalam Membekali Masyarakat Pengendara Roda Empat Untuk Mengatasi Gangguan Umum Pada Kendaraan roda Empat. Tugas Mata Kuliah. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang

Sudrajat. 2008. Pengembangan Bahan Ajar, (Online), (http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com), diakses 2 November 2011.

The National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders. Tanpa Tahun.Evidence –Based Practice : Peer Mediated Instruction and Intervention, (Online),(http://www.autismpdc.fpg.unc.edu), diakses 7 Juli 2011.

Thiagarajan,Sivasailan And Others. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota : University of Minnesota.

Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 2004. Mengukur Dengan Menggunakan Alat Ukur. Modul Pembelajaran. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Ummu, H. 2011. Alat Ukur Teknik Dial Gauge, (Online),

(http://kelasteknik.blogspot.co.uk), diakses 20 Januari 2011.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wigih. 2015. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Penerapan Model pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Akademik dan Pembentukan Karakter Pada kompetensi Dasar sistem Bahan Bakar Bensin di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v1i22017p19-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats