HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGUASAAN KOMPETENSI OTOMOTIF, DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN ON THE JOB TRAINING MAHASISWA PUSDIKLAT SUZUKI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Debby Maharani, Sumarli Sumarli, Imam Muda Nauri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara latar belakang pendidikan, penguasaan kompetensi otomotif dan motivasi belajar  dengan kesiapan On The Job. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuatitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pusdiklat Suzuki Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2015/2016.. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara antara latar belakang pendidikan, penguasaan kompetensi otomotif dan motivasi belajar  dengan kesiapan On The Job.

Keywords


Latar Belakang Pendidikan, Penguasaan Kompetensi Otomotif, Motivasi Belajar, Kesiapan On The Job Training

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Depdiknas. 2006. Panduan Sertifikasi Guru Bagi LPYK. Jakarta: Ditmenjur.

Dimyati. Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dirwanto. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada Siswa SMK Ma’arif NU Kesisi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Farida, L, N. 2010. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolali. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariyanto. 2014. Hubungan Pelaksanaan Kegiatan Unit Produksi Dan Motivasi Berwirausaha Dengan Kesiapan Bekerja Siswa Di SMK Negeri 2 Sragen. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Tidak Diterbitka

Hasibuan, M.S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrati, M, I. 2010. Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan dan Jiwa Kewirausahaan Terkait Kinerja Keuangan UKM. (Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 10 No. 1 Maret 2010)

Ihsani, A, N, N,. 2014. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil belajar Siswa SMK di Semarang. (Jurnal Asosiasi Pendidikan dan Kejuruan). Bandung: FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

Maslow’s, A. 2000. Hierarchy of Needs. (Online), (http://www.siu.edu/departemens/coc/ras1/474motivation/s1d007.htm), Diakses 10 September 2015.

Miru, A, S. 2009. Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3 Makasar. (Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 1, April 2009). Makasar: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar.

Moleong. 2005. Metode Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mukhadis, A. 2003. Pengorganisasian Isi Pembelajaran Prosedural (Kajian Empirik Pada Latar Sekolah Menengah Kejuruan Rumpun Teknologi). Malang: UM Press.

Nov’an, D, A. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Mengidentifikasi Komponen Sistem Pengapian Konvensional Di SMK Nasional Mojosari. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Nyoto, A. 2012. Pengantar Pendidikan. Malang: Tidak Diterbitkan

Purwanto, N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Priyatno, D. 2010. Teknik Mudan dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama

Sudjimat, D, A. 2014. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Malang: UM Press

Sudirman A.M. 2006. Ciri-ciri Motivasi Belajar. (Online), (http//id.shvoong.com/social-sciences/education/2115321/ciri-ciri-motivasi-belajar). Diakses 15 September 2015.

Siswoyo, H. Masugino, S. 2009. Pengaruh Prestasi Teori Terhadap Prestasi Praktik Siswa SMK N 1 Adiwerna Tegal Tentang Servis Sistem Rem. Jurnal PTM Volume 9, NO. 2, Desember 2009.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 2 Pasal 3 Tahun 1989 tentang Tujuan Pendidikan Nasional. 1989. Bandung: Citra Umbara.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Pasal 3 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Uyanto, S.S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widyaningsih, A. 2014. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru MA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Publikasi. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yulianto, A. 2010. Hubungan Antara Teori Otomotif Dan Praktek Otomotif Terhadap Kesiapan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XI SMK Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Zuniarti. Siswanto, B T. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar , Kinerja Prakerin, Intensitas Pembimbingan Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Pariwisata DIY. (Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 3, Nomor 3, November, 2013) DIY: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v1i22017p31-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats