PENGARUH PENGGUNAAN FUEL CUT OFF ELECTRONIC CONTROL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA HONDA VARIO 110

Egik Lintar Permadi, Imam Nuda Nauri, Partono Partono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan fuel cut off electronic control terhadap konsumsi bahan bakar pada honda vario 110. Penelitian  ini  menggunakan  jenis  metode  metode  quasi  experiment  design, bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent control groub design. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji paired sample T-test . setelah dilakukan olah data menggunakan aplikasi SPSS for windows didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000. Maka hipotesis yang diterima H1 mencari pengaruh penggunaan Fuel Cut off electronic control terhadap konsumsi bahan bakar pada honda vario 110.

Keywords


Fuel Cut Off Electronic Control. Konsumsi Bahan Bakar.

Full Text:

PDF

References


Bilki. 2009. Sistem Bahan BakarbKonvensional. (online). http://www.Bilkimojokerto.

wordpress.com/2009/07/01sistem-bahan-bakar- konvensional. Diakses 24 Februari 2016.

Budiarto, N.2007. Modul Servis Mesin dan Komponennya. Jakarta: Yudhistira.

Cresswell, J. 2010. Research Desain. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto, 2002. Pengetahuan Teknik Sepeda Motor. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Dhany, R. 2015. Cadangan Minyak Dunia Habis 53 Tahun Lagi. (Online). Http://www.m.detik.com/finance/read/2015/12/03/155024/2431163/1034/cadangan-minyak-dunia-habis-53-tahun-lagi. Diakses 8 Oktober 2015.

Instrument, T. 2015. RC4558 Dual General-Purpose Operational Amplifier. (online). http://www.pdf1.alldatasheet.com/datasheetpdf/view/27325/TI/RC4558DBR.html. Diakses 10 oktober 2015.

Ismail, H. 2013. Engine Management Sistem Malang: Universitas Negeri Malang.

Maleev. 1973. Diesel Engine Operation And Maintenance. New York :McGRAW- HILL BOOK COMPANY.

Motor, C. 2015. Sejarah Honda Vario dari Generasi ke Generasi. (Online). http://hondacengkareng.com/sejarah-honda-vario-dari-generasi-ke-generasi/. Diakses 30 Maret 2016

Nugroho, B. 2007. Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmu Pengetahuan. (Online), http://staff.uny.ac.id/system/file/penelitian/Beni%Setya%20Nugroho, diakses 21 April 2015.

PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR. 1995. New Step 1. PT TOYOTA-ASTRA MOTOR. Pudjanarsa, A., Narsuhud, O. 2006. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: Andi.

Sardjito. 2000. Fluida dan Termofisika. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sarwoko. 2007. Statistik Inverensial. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Sinaga & Priangkoso. 2011. Tinjauan/Review Model Empirik Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan. Jurnal Momentum, (Online), (1):53–57, http:www.unwahas.ac.id/publikasiilmiah/index.php/MOMENTUM/article/dow nload/298/pdf), diakses tanggal 20 Oktober 2015.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Jakarta: Alfabeta. Suhendra Z. 2015. Harga Minyak AS Naik 4,9% ke Level US$ 48,53 Per Barel.(Online). m.liputan6.com/bisnis/

read/2334452/harga-minyak-as-naik49-ke- level-us-4853-per-barel). Diakses

Oktober 2015.

Sulis, A. 2011. Teknologi Karburator Vakum, Bekerja Tergantung Kevakuman. (Online). http://www.otomotifnet.com/motor/teknik/teknologi-karburator- vakum-bekerja-tergantung-kevakuman. Diakses 10 Oktober 2015.

Suyanto, W.1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Tenaya, dkk. 2013. Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Mesin.

Jurnal Energi dan Manufaktur, (Online),http://download.portalgaruda.

org/article.php?article=195835&val=982&title=Pengaruh%20Pemanasan%20Bahan%20Bakar%20Terhadap%20Unjuk%20Kerja%20Mesin, diakses 3 Januari 2016.

Theodosisus G. 1993. Soal dan Penyelesaian Hidrolika. Jakarta: Delta Teknik.

Wahyuni D. 2015. Kenapa Indonesia Harus Impor dan Cari Migas ke Luar Negeri. (Online). (m.liputan6.com/bisnis/read/2269013/kenapa-indonesia-harus-impor- dan-cari-migas-ke-luar-negeri). Diakses 7 Oktober 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v1i22017p39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats