PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS X TKR PADA MATA PELAJARAN SISTEM HIDRAULIK DI SMK NEGERI 11 MALANG

Afif Amrullah, Syarif Suhartadi, Paryono Paryono

Abstract


Untuk mengetahui hasil bela­jar sis­wa dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi siswa kelas yang menggunakan media pem­belajaran Audiovisual (animasi) dengan kelas yang tidak menggunakan media Audio­visu­al (animasi) khu­susnya pada mata pelajaran Sistem Hidraulik di SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe Post-Test Only Control Design yakni pemberian tes soal dilakukan di akhir sete­lah siswa melaksanakan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tek­nik Ken­daraan Ringan yaitu TKR 4 sebagai kelas eksperimen dan TKR 3 sebagai kelas kontrol, Instrumen tes di uji coba dan hasilnya di analisis menggunakan uji-T menggunakan bantuan program SPSS 23.0 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbe­daan prestasi sis­wa antara kelas eksperimen dengan prestasi siswa kelas kontrol, terlihat dari nilai akhir siswa yang menggunakan media Audiovisual (Animasi)hampir seluruhnya sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sedangkan pada kelas kontrol belum seluruhnya mampu meme­nuhi kriteria ketun­tasan mini­mum yang ditentukan oleh sekolah maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi siswa yang menggunakan media Audiovisual (Animasi) dengan siswa yang tidak meng­guna­kan media Audiovisual (Animasi).

Keywords


Audiovisual, prestasi, sistem hidraulik

Full Text:

PDF

References


Susilo. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Pada Materi Sistem Rem Untuk Kelas X1 Program Keahlian Teknik Ken¬daraan Ringan Di SMK Negeri 11 Malang, Malang: Teknik UM.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Widodo. 2014. Pengembangan Media Audio-visual pada mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas X Program Keahlian Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi tidak diter¬bitkan. Malang : Teknik UM.

Yusuf,Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kurang¬ti¬tatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Prenamedia Group Jakarta.

Peraturan Pemerintah No.31 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional. 2013. (Online), (http://ja-bar.kemenag.go.id/file/file/ProdukHukum/wnmd1401767965.pdf), diakses 20 oktober 2017.

Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengem¬bangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Islamiya, 2012. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FIS UM Setiawan, 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual Menggunakan Aplikasi Swis¬hmax Dengan Model pembelajaran Inquiry Terhadap M¬o¬ti¬vasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di smk. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FE UM

Online.http://www.sarjanaku.com/2011/05/media-audio-visual.html. diakses tanggal 07 september 2017.

Suyono, Hariyanto. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Ban¬dung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i22018p9-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats