PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH PADA MATERI SISTEM KELISTRIKAN POWER WINDOW SMK NEGERI 1 SAMBENG LAMONGAN

Ghufron Nadhori, Imam Muda Nauri, Paryono Paryono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengembangkan dan menyediakan bahan ajar, serta menguji kelayakan bahan ajar dalam kompetensi dasar memahami alarm, sentral lock dan power window untuk siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sambeng. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpula data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket/ kuisioner yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, 8 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 28 orang siswa untuk uji lapangan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. Berdasarkan analisis data dari hasil pengembangan tersebut, diperoleh tiga kesimpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama dari penilaian beberapa aspek oleh ahli media menunjukkan persentase 91,67% yaitu sangat valid. Kedua dari penilaian beberapa aspek oleh ahli materi menunjukkan persentase 97,5%% yaitu sangat valid. Tanggapan yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi pada instrumen angket kemudian ditindaklanjuti pada bagian revisi produk sebelum diuji kelayakannya pada siswa. Ketiga, penilaian dari siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan yang memperoleh persentase 93,13% yaitu sangat valid. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kompetensi dasar Memahami Alarm, Sentral Lock dan Power Window.

Keywords


pengembangan, media pembelajaran, adobe flash, sistem kelistrikan power window

Full Text:

PDF

References


Akbar, S dan Sriwijaya, H. 2010. Pengembangan Kuri¬ku¬lum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Ali, Muhammad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Skrip¬si. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogya-karta.

Anonim. 1994. Fundamental of Electricity Step 2. Jakarta: PT. Toyota- Astra Motor.

Anonim. 2009. Engine Control. U.S.A: Toyota Motor Sales.

Astuti, Erma Dwi. (2012). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational research: An introduction(7ed.) Boston: Pearson Education Inc.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Ap¬proach. New York: Springer.

Dick, Walter, Lou Carey, and James O Carey. 2005. The Syistematic designof Instruction 6 ed, Boston. Pear¬son.

Eka Wahyu, dkk. (2012). Power Window. Makalah. Purworejo: PTO UMP.

Fauzi. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Statika Struktur Menggunakan Perangkat Lunak CAD Pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Ma¬lang.

Hamzah. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pem¬belajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heinich, D. Russell, Molenda., dan E Smaldino. 2005. Instructional Technology and Media forLearning. New Jersey, Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall. Upper Saddle River.

Herlanti, Yanti. 2008. Tanya Jawab Seputar Penelitian da¬lam Pendidikan Sains. Jurusan Pendidikan IPA FITK UIN Syahid.

Husamah, dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pem¬belajaran Berbasis

Percakapan Kopetensi. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Kakiay, Thomas J. 2004. Pengantar Sistem Simu¬lasi.Yogyakarta: Andi.

Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi penerjemah: Teguh Wahyu Utomo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendi¬dikan. Jakarta: Kencana.

Pemerintah RI. Undang-undang RI. “No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional”.

Ramadhan. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Mata¬kuliah Statika Struktur Menggunakan Perang¬kat Lunak CAD Pada Jurusan Teknik Mesin Univer¬sitas Negeri Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i22018p13-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats