PENGARUH PANJANG EXHAUST PIPE TERHADAP DAYA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR 4 TAK SUPRA X 125 CC

Muhamad Cahyo, Partono Partono, Imam Muda Nauri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh panjang exhaust pipe knalpot terhadap daya motor 4 tak honda supra X 125 CC dan mengetahui pengaruh panjang exhaust pipe knalpot terhadap emisi gas buang motor 4 tak honda supra X 125 CC. Penelitian ini menggunakan jenis Kuasi Eksperimen. Variabel penelitian ini adalah panjang exhaust pipe 750 mm, 850 mm, 960 mm, 1050 mm, dan 1100 mm, daya mesin dan emisi gas buang karbon monoksida dan hidrokarbon. Data diambil dari 3000 rpm sampai 8000 rpm dengan selisih 500 rpm. Analisis data menggunakan one-way annova. Berdasarkan data pengujian, rata-rata daya terbesar dihasilkan exhaust pipe 750 mm. Daya maksimum 10,13868 HP dan daya minimum 3,832267 HP dengan rata-rata 7,12555409 HP. Peningkatan kadar emisi gas Karbon Monoksida terbesar dihasilkan exhaust pipe 1100 mm dengan peningkatan 0,8%. Kadar emisi gas Hidrokarbon terbesar dihasilkan exhaust pipe 750 mm dengan peningkatan 22 ppm. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan tidak ada perbedaan daya yang signifikan antara exhaust pipe 750 mm, 850 mm, 960 mm, 1050 mm dan 1100 mm. Sedangkan pada pengujian emisi gas buang terdapat perbedaan kadar emisi gas Karbon Monoksida dan Hidrokarbon yang signifikan antara exhaust pipe 750 mm, 850 mm, 960 mm, 1050 mm dan 1100 mm.

Keywords


Panjang Exhaust Pipe, Daya Mesin, Emisi Gas Buang

Full Text:

PDF

References


Aprilianto, Dama. 2017. Pengaruh Diameter Exhaust Pipe Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang pada Motor 4 Tak Supra X 125 cc. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arends, BPM. & Berenschot, H. 1980. Motor Bensin. Terjemahan Umar Sukrisno. Jakarta: Erlangga.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baharuddin, dkk. 2011. Analisa Back Pressure Terhadap Prestasi Mesin Diesel Nanchang 2105 A-3. Hasil Penelitian Fakultas Teknik. (Online), (ht¬tapi¬:/-/download.portalgaruda.org/article.php?article=148925&val=2170), diakses 30 Oktober 2017.

Bell, A Graham. 2006. Four Stroke Performance Tuning Third Edition. Maitland New South Wales.

Dw.2017.Ketiadaan Data Akurat Perburuk Polusi di Indonesia. (Online), ¬https://www.dw.com/¬i¬d/-wal¬hi-ketiadaan-data-akurat-perburuk-polusi-di-indonesia/a-43620871. Diakses 19 Juli 2018.

Fauzun. Kurniawan, arif. Ricardo wave simulation on the effect of exhaust header geometry to the power and torque of the ugm’s fsae. 2017. (online), (engine¬ht-tps://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahukewit-_utr4xxahxi5imkhvmmadkqfg-gumaa&url=http%3a%2f%2fwww.enggjournals.com%2fijet%2fdocs%2fijet17-09-04-139.pdf-&usg=aovvaw21ru9bm3oclqe93wab1ic5), ugm: jurnal volume 9. Diakses 27 oktober 2017.

Hardinata, Crisvan. 2014. Aliran Fluida Dalam Sistem Perpipaan. (Online), https://www.acade¬mia.e-du/9717927/aliran_fluida_dalam_sistem_perpipaan. Diakses 3 September 2018.

Oktoni, Apip. 2014. Rumus Menghitung Knalpot Racing. (Online), Rumus Menghitung Knalpot Racing. Diakses 12 April 2018.

Pamungkas, Sigit. 2012. Analisis Penggunaan Model Knalpot Standar Terhadap Kinerja Mesin 4 Langkah 100 CC dan 125 CC. (Online), (-http://lib.ui.ac.i¬d/file?file=digital/20309498-S42691-Sigit%20¬Pamungkas.pdf). Diakses 31 Oktober 2017.

Pranoto, Aji. 2012. Efek Perubahan Ukuran Diameter Header Knalpot Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Akselerasi Pada Sepeda Motor 4 Tak. (Online), (http://repository.akprind.ac.id/sites/files/Jurnal%20Knalpot%20RETII%202012_0.pdf). Diakses 13 Oktober 2017.

Putra, Martinus. 2012. Efek Perubahan Aliran Gas Buang Dalam Knalpot Untuk Diterapkan Pada Mesin Kapal Klotok 10 HP. (Online), (-http://lib.ui.ac.i¬d/file?file=digital/20308596-S42500-Efek%20¬pe¬rubahan.pdf). Diakses 02 Desember 2017.

Ravel, Stanly. 2017. Agustus, Penjualan Motor 3,7 Juta Un¬it. (Online), http://otomotif.kom-pas.com/¬re-ad/2017/09/13/130200715/agustus-penju¬al-an-motor-3-7-juta-unit. Diakses 27 Oktober 2017.

Sanata, Adi. 2011. Pengaruh Diameter Pipa Saluran Gas Buang Tipe Straight Throw Muffler Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. (Online), (http://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/download/2293/1899/0), Jember: Jurnal RO¬TOR, Volume 4 Nomor1, Januari 2011. Diakses 20 November 2017.

Selpan, M. 2011. Mekanika Fluida. (Online), htt-ps://muhfari.files.wordpress.com/2011/11/aliran-fluida-pada-aluran-tertutup-pipa.pdf. Diakses 9 Maret 2018.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyanto, Wardan.1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Di-rek¬torat Jenderal Tinggi Proyek Pengem¬bang-an Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sulis, Agus. 2012. Leher Dan Ujung Knalpot, Panjang Atau Pendek Beda Karakter. (Online), -http://mo-bil.otomotifnet.com/Motor/Tips/Leher-Dan-Ujung-Knalpot-Panjang-Atau-Pendek-Beda-Karakter. Diakses 20 Oktober 2017.

Sutijono. 2008. Media Pembelajaran Teknologi Motor Diesel (PMO 403). Malang: Fakultas Teknik UM.

Syaif, Adheila N. 2014. Pengaruh Exhaust Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Suzuki Smash Tahun 2007 (Online), (¬http://jur¬nal.po-litala.ac.id/index.php/JE/article/download/30/18), Tanah Laut:Jurnal Volume 1, 2014. Diakses 20 November 2017.

Triton P.B. 2006. Cara Cepat Menguasai SPSS 13.0 Untuk Uji Beda Nyata Dan Rancangan Percobaan. Yogyakarta: Tugu.

Vang, Franklin. 2016. Exhaust optimization for Viking Mau¬torsports Formula SAE Team:Final Report ­ Spring 2016. (Online), (htt¬p://we¬b.cecs.p¬dx.e-du/~far/Past%20Capstone%20Projects/Capstone%20reports%202016/VMS%20Exhaust/(3)%20Final%20Report.pdf). Diakses 27 Oktober 2017.

Viking Motorsports. 2016. Exhaust optimization for Vi-king Motorsports Formula SAE Team:Final Report ­ Spring 2016. (Online), http://web.ce¬cs.pd-x.edu/~far/Past%20Capstone%20Projects/Capstone%20reports%202016/VMS%20Exhaust/(3)%20Final%20Report.pdf. Diakses 27 Okto¬ber 2017.

Walker, Henry. 2016. Pengaruh Penggunaan Knalpot Racing Terhadap Daya dan CO2, CO, HC Pada Mesin Sepeda Motor Yamaha New Vixion Lighting. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Witoelar, Rahmat. 2006. Ambang Batas Emisi Gas Buang Untuk Kendaraan Lama. Jakarta: Kementrian Ne¬gara Lingkungan Hidup.

Yudisaputro, Hendra. 2013. Kerugian Tinggi-Tekan (Head Losses). (Online), -http://berbagienergi.com/20-13/05/11/kerugian-tinggi-tekan-head-losses/. Diakses 3 september 2018.

Zakhim, Bayu M. 2016. Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Berbahan Aluminium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor. Skripsi tidak di-ter¬bitkan. Malang: FT UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i22018p35-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats