PENGARUH PANJANG EXHAUST PIPE TERHADAP DAYA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR 4 TAK SUPRA X 125 CC
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilianto, Dama. 2017. Pengaruh Diameter Exhaust Pipe Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang pada Motor 4 Tak Supra X 125 cc. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arends, BPM. & Berenschot, H. 1980. Motor Bensin. Terjemahan Umar Sukrisno. Jakarta: Erlangga.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, dkk. 2011. Analisa Back Pressure Terhadap Prestasi Mesin Diesel Nanchang 2105 A-3. Hasil Penelitian Fakultas Teknik. (Online), (ht¬tapi¬:/-/download.portalgaruda.org/article.php?article=148925&val=2170), diakses 30 Oktober 2017.
Bell, A Graham. 2006. Four Stroke Performance Tuning Third Edition. Maitland New South Wales.
Dw.2017.Ketiadaan Data Akurat Perburuk Polusi di Indonesia. (Online), ¬https://www.dw.com/¬i¬d/-wal¬hi-ketiadaan-data-akurat-perburuk-polusi-di-indonesia/a-43620871. Diakses 19 Juli 2018.
Fauzun. Kurniawan, arif. Ricardo wave simulation on the effect of exhaust header geometry to the power and torque of the ugm’s fsae. 2017. (online), (engine¬ht-tps://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahukewit-_utr4xxahxi5imkhvmmadkqfg-gumaa&url=http%3a%2f%2fwww.enggjournals.com%2fijet%2fdocs%2fijet17-09-04-139.pdf-&usg=aovvaw21ru9bm3oclqe93wab1ic5), ugm: jurnal volume 9. Diakses 27 oktober 2017.
Hardinata, Crisvan. 2014. Aliran Fluida Dalam Sistem Perpipaan. (Online), https://www.acade¬mia.e-du/9717927/aliran_fluida_dalam_sistem_perpipaan. Diakses 3 September 2018.
Oktoni, Apip. 2014. Rumus Menghitung Knalpot Racing. (Online), Rumus Menghitung Knalpot Racing. Diakses 12 April 2018.
Pamungkas, Sigit. 2012. Analisis Penggunaan Model Knalpot Standar Terhadap Kinerja Mesin 4 Langkah 100 CC dan 125 CC. (Online), (-http://lib.ui.ac.i¬d/file?file=digital/20309498-S42691-Sigit%20¬Pamungkas.pdf). Diakses 31 Oktober 2017.
Pranoto, Aji. 2012. Efek Perubahan Ukuran Diameter Header Knalpot Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Akselerasi Pada Sepeda Motor 4 Tak. (Online), (http://repository.akprind.ac.id/sites/files/Jurnal%20Knalpot%20RETII%202012_0.pdf). Diakses 13 Oktober 2017.
Putra, Martinus. 2012. Efek Perubahan Aliran Gas Buang Dalam Knalpot Untuk Diterapkan Pada Mesin Kapal Klotok 10 HP. (Online), (-http://lib.ui.ac.i¬d/file?file=digital/20308596-S42500-Efek%20¬pe¬rubahan.pdf). Diakses 02 Desember 2017.
Ravel, Stanly. 2017. Agustus, Penjualan Motor 3,7 Juta Un¬it. (Online), http://otomotif.kom-pas.com/¬re-ad/2017/09/13/130200715/agustus-penju¬al-an-motor-3-7-juta-unit. Diakses 27 Oktober 2017.
Sanata, Adi. 2011. Pengaruh Diameter Pipa Saluran Gas Buang Tipe Straight Throw Muffler Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. (Online), (http://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/download/2293/1899/0), Jember: Jurnal RO¬TOR, Volume 4 Nomor1, Januari 2011. Diakses 20 November 2017.
Selpan, M. 2011. Mekanika Fluida. (Online), htt-ps://muhfari.files.wordpress.com/2011/11/aliran-fluida-pada-aluran-tertutup-pipa.pdf. Diakses 9 Maret 2018.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suyanto, Wardan.1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Di-rek¬torat Jenderal Tinggi Proyek Pengem¬bang-an Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Sulis, Agus. 2012. Leher Dan Ujung Knalpot, Panjang Atau Pendek Beda Karakter. (Online), -http://mo-bil.otomotifnet.com/Motor/Tips/Leher-Dan-Ujung-Knalpot-Panjang-Atau-Pendek-Beda-Karakter. Diakses 20 Oktober 2017.
Sutijono. 2008. Media Pembelajaran Teknologi Motor Diesel (PMO 403). Malang: Fakultas Teknik UM.
Syaif, Adheila N. 2014. Pengaruh Exhaust Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Suzuki Smash Tahun 2007 (Online), (¬http://jur¬nal.po-litala.ac.id/index.php/JE/article/download/30/18), Tanah Laut:Jurnal Volume 1, 2014. Diakses 20 November 2017.
Triton P.B. 2006. Cara Cepat Menguasai SPSS 13.0 Untuk Uji Beda Nyata Dan Rancangan Percobaan. Yogyakarta: Tugu.
Vang, Franklin. 2016. Exhaust optimization for Viking Mau¬torsports Formula SAE Team:Final Report Spring 2016. (Online), (htt¬p://we¬b.cecs.p¬dx.e-du/~far/Past%20Capstone%20Projects/Capstone%20reports%202016/VMS%20Exhaust/(3)%20Final%20Report.pdf). Diakses 27 Oktober 2017.
Viking Motorsports. 2016. Exhaust optimization for Vi-king Motorsports Formula SAE Team:Final Report Spring 2016. (Online), http://web.ce¬cs.pd-x.edu/~far/Past%20Capstone%20Projects/Capstone%20reports%202016/VMS%20Exhaust/(3)%20Final%20Report.pdf. Diakses 27 Okto¬ber 2017.
Walker, Henry. 2016. Pengaruh Penggunaan Knalpot Racing Terhadap Daya dan CO2, CO, HC Pada Mesin Sepeda Motor Yamaha New Vixion Lighting. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Witoelar, Rahmat. 2006. Ambang Batas Emisi Gas Buang Untuk Kendaraan Lama. Jakarta: Kementrian Ne¬gara Lingkungan Hidup.
Yudisaputro, Hendra. 2013. Kerugian Tinggi-Tekan (Head Losses). (Online), -http://berbagienergi.com/20-13/05/11/kerugian-tinggi-tekan-head-losses/. Diakses 3 september 2018.
Zakhim, Bayu M. 2016. Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Berbahan Aluminium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor. Skripsi tidak di-ter¬bitkan. Malang: FT UM.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i22018p35-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.