PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA JOBSHEET PRAKTIKUM MOTOR STARTER UNTUK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 11 MALANG

Achmad Zuhri Imaduddin, Imam Muda Nauri, Windra Irdianto

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah (1) merancang dan mengembangkan bahan ajar berupa jobsheet motor starter, (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk bahan ajar berupa jobsheet motor starter yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpula data menggunakan angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, 8 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 orang siswa untuk uji lapangan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. Hasil uji coba validasi dari ahli materi memperoleh persentase 90% dikategorikan sangat valid. Ahli media memperoleh persentase 95% dikategorikan sangat valid. Penilaian dari siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang memperoleh persentase 83% dikategorikan sangat valid. Maka dari ketiga penilaian tersebut dapat diartikan bahwa jobsheet motor starter sangat layak digunakan sebagai sumber belajar untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang.

Keywords


Bahan Ajar, Jobsheet, Motor Starter

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aryadi Widya, dkk. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Jobsheet Pada Panel Peraga Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 11. No. 2. Hal. 68-71.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. 2008. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolan Menegah Atas.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p9-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats