PENGARUH PENGGUNAAN SPEEDSPARK OPEN LOOPER TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX 155

Ahmad Koirudin, Sumarli Sumarli, Imam Muda Nauri

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan daya antara sepeda motor yang standar dengan yang menggunakan speedspark open looper (2) mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar antara sepeda motor yang standar dengan yang menggunakan speedspark open looper. Metode peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimental dengan menggunakan uji analisis data paired sample t test. Penelitian ini dilakukan di AHASS Asia Motor Pakisaji dengan pengambilan data pada putaran mesin 4000 – 8500 rpm dengan kelipatan 500 rpm. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dari pemasangan speedspark open looper memberikan efek terhadap daya dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Daya yang dihasilkan dengan menggunakan speedspark open looper memberikan rata-rata presentase peningkatan sebesar 5,5% daripada kondisi standar. Peningkatan daya tertinggi terjadi pada putaran mesin 7500 rpm pada penggunaan speedspark open looper 10,1% dari pada kondisi standar. Konsumsi bahan bakar pada yang menggunakan speedspark open looper cenderung meningkat (lebih boros) yang menandakan komposisi bahan bakar dan udara lebih kaya atau terjadi penurunan afr dari dengan rata-rata presentase peningkatan secara keseluruhan sebesar 2,8 % daripada kondisi standar.

Keywords


Speedspark Open Looper, Daya, Konsumsi Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


Arends, BPM dan H.Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.

Boentarto. 2005. Cara Pemeriksaan, Penyetelan Dan Perawatan Sepeda Motor. Yogyakarta: Andi.

Daryanto. 2001. Pengetahuan Teknik Sepeda Motor. Bandung: Gramedia.

Laksono, H. Pengaruh Pengaplikasian Manipulator O2 Sensor Terhadap Performa Mesin Turbo 4E-FTE. Skripsi. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Mukhadis. 2015. Kiat Menulis Karya Ilmiah. Malang: Adhitya Media Publisher.

Pertamina. 2006. Spesifikasi Pertamax. (Online), (https://www.pertamina.com/industrialfuel/media/24240/pertamax) diakses 17 Desember 2018.

Petrovsky, N. 1979. Marine Internal Combustion Engines. Moscow: Mir Publisher.

Raharjo W. D dan Karnowo.2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rane, R.O. 2017. Rancang Bangun Sistem Manipulasi (Piggyback) Pada Kendali Injeksi Sepeda Motor Honda PGM-FI. Semarang: Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Sinaga, Nazarudiin dan Dewangga, Aria. 2012. Pengujian dan Pembuatan Buku Petunjuk Operasi Chassis Dinamometer Tipe Water Brake. Jurnal Teknik. Fakultas Teknik. Semarang : Universitas Diponegoro.

Soenarta. Nakoela dan Shoci Furuhama. 2002. Motor Serba Guna. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Solihin. 2017. Pengaruh Tegangan Output Sensor O2 Menggunakan Manipulator O2 Sensor Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Vario 125 Tahun 2013. Jurnal Teknik. Surabaya: Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Syuhada, A, Maksum, H, dan Martias. 2019. Pengaruh Pembatasan Tegangan Output Sensor O2 dengan Menggunakan Mikrokontroller terhadap Daya, Torsi, Pemakaian Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Jurnal Teknik. Padang : Universitas Negeri Padang.

Toyota Astra Motor. 1994. Training Manual New Step 2. Jakarta: PT Toyota Astra.

VEDC Malang. 2007. Modul Dasar Motor. Malang : VEDC Malang.

Wiratmaja, I Gede. 2010. Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 4(1).

Wiratno, Samsudi dan Suwigyo, 2012. Perhitungan daya dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin Yamaha LS 100 cc. Jurnal Teknik. Teknik Mesin. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats