PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNOLOGI MOTOR DIESEL BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Fito Dwi Saputra, Syarif Suhartadi, Amat Nyoto

Abstract


Pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien apa bila tersedia sumber belajar, salah satunya yaitu adanya sumber belajar yang berbentuk bahan ajar. Untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi S-1 PTO FT UM dalam pembelajaran mata kuliah teknologi motor diesel perlu disediakan bahan ajar perkuliahan yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yang mudah dibaca, mudah dipahami, serta dilengkapi dengan gambar yang baik dan menarik. Dilihat dari pentingnya ketersediaan sumber belajar dalam pembelajaran, maka dapat diberikan solusi dengan melakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual (Contextual Teaching-Learning). Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual dan sekaligus untuk mengetahui kualitas bahan ajar dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kelayakan serta keefektifan.

Keywords


Buku Ajar Kontekstual, Teknologi Motor Diesel

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Arif S. Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bendor, J. 2007. Self editing and Revisions, Bahan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional. Jakarta: DP2M.

Gultom, S. 2012. Pedoman Penulisan Buku Ajar Peningkatan Kompetensi Pendidik. (online) http://file.upi.edu. diakses selasa 21 februari 2018.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning. Terjemahan Ibnu Setiawan 2007. Bandung: Mizan Learning center.

Karwono. 2012. Belajar danPembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. 2008. Hakikat dan Fungsi Buku Teks. (online) http://www.masnur-muslich.blogspot.com/2008/10/04archive.html, hlm. 1 diakses selasa 21 februari 2018.

Mulyasa, 2013. Pengembangan danImplementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

PPS Universitas Brawijaya. 2010. Pedoman Umum Penulisan Bahan Ajar. Malang: Universitas Brawijaya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p29-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats