PENERAPAN MANAJEMEN BENGKEL PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Hasya Risqu Qudus Agdi Sukma, Agus Sholah, Paryono Paryono

Abstract


Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena pendidikan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu subsistem dari Sistem Pendidikan Nasional. Dalam pendidikan kejuruan peserta didik diajarkan pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pembelajaran teori maupun praktik dapat dilakukan di bengkel SMK. Bengkel SMK merupakan sarana pembelajaran yang memiliki tujuan untuk mengembangkan keahlian siswa sesuai program keahlian yang dipilih. Isi dari bengkel adalah alat-alat penunjang pembelajaran untuk menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang handal dan berkompeten. Dalam upaya melaksanakan pembelajaran di bengkel, pihak pengurus bengkel melakukan manajemen. Manajemen yang dipakai adalah manajemen bengkel yang sesuai dengan program keahlian agar tercipta suatu sistem yang sistematis. Untuk itu, manajemen diterapkan oleh pihak pengurus bengkel untuk mengatur segala hal berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian yang menggunakan metode ini bertujuan untuk memaparkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi serta memberikan gambaran umum tentang proses pelaksanaan manajemen bengkel di bengkel teknik kendaraan ringan otomotif yang didapatkan data dari hasil temuan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, serta triangulasi data. Dari hasil pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta triangulasi data dapat digambarkan tentang proses pelaksanaan manajemen bengkel yang ada di Bengkel Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Keywords


Pendidikan Kejuruan, SMK, Manajemen Bengkel, Bengkel

Full Text:

PDF

References


Bufort, J.A. & Bedeian, A.G. 1988. Management in Extension. (2nded). Auburn, Alabama: Alabama Cooperative Extension Service, Auburn University

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2003. Analisis Pedoman Sarana dan Prasarana. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan SMK. 2017. Manajemen Bengkel dan Laboratorium yang Sehat dan Selamat Berbasis 5S. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2017. Standar Sarana dan Prasarana Lembaga Kursus dan Pelatihan Keterampilan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan, Malayu S.P., Haji. 2004. Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi AksaraMasyarakat. 2017. Standar Sarana dan Prasarana Lembaga Kursus dan Pelatihan Keterampilan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hasibuan, Malayu S.P., Haji. 2004. Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Hernawan. Dani. 2018. Analisis Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1 Wates. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY

Putri, Metha Jenyusya. 2016. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Menengah kejuruan Negeri Se-Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), 1 : 1-8, (http: www.google.com), diakses 18 September 2018

Sayuti, Suminto A., Putri Isnaeni., kurniawati. Manajemen Sarana dan Prasarana Di SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, (Online). 1 (1): 98-108, (https://journal.uny.ac.id/ind-ex.php/jamp/article/ view/2331), di-akses 19 September 2018.

Terry, George R. 1986. Asas-asas Manajemen. Terjemahan Oleh Winardi. Bandung: Alumni

Terry, George R. 2003. Prinsip-prinsip manajemen. Bandung: Bumi Aksara

Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Undang-Undang Republik Indonesia No 5 Tahun 1980 Tentang Pokok-Pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri (Online) (simpuh.kemenag.go.id/regu-lasi/pp_05_80.pdf) diakses 20 Oktober 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. 2006. (Online), (http: litbang. Kemen-diknas.go.id/conten/uu_20tahun2003sisdiknas.pdf), diakses 18 September.

Yoto. 2015. Manajemen Bengkel Teknik Mesin. Malang: Adhitya Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p37-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats