PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN DAN TINGKAT PEMAHAMAN MATERI SISTEM PEMINDAH TENAGA DI SMK

Riko Dwiki Pratama, Amat Nyoto, Windra Irdianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris perbedaan dan interaksi antara penerapan model pembelajaran mind mapping (mind mapping silabus dan mind mapping bab) dan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap keaktifan proses pembelajaran dan tingkat pemahaman materi sistem pemindah tenaga di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini di lakukan di SMKN 10 Malang dan SMK Nasional Malang dan sampel penelitian sebanyak 86 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dan interaksi yang signifikan antara model pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar terhadap keaktifan proses pembelajaran dan tingkat pemahaman materi kompetensi dasar clutch system di SMK, baik pada SMK Negeri 10 Malang dan SMK Nasional Malang, karena nilai signifikansi yang didapatkan < 0,05.

Keywords


Mind Mapping, Motivasi, Keaktifan, Pemahaman, Pemindah Tenaga

Full Text:

PDF

References


A. M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buntu, Amalia., Ramadhan, A., & Tangge, L. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di Kelas IX SMP Negeri 6 Palu. e-Jurnal Mitra Sains, 5(2), 19¯ 28. Dari file:///C:/Users/riko%20dwiki% 20pr-atama/Downloads/8524- 27998-1-PB%20(1).pdf.

DePorter, B., Reardoon, Mark., & Singer, N. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang- ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. 2008. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Marxy, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 173¯ 182. Dari https://journal.lppmunindra. ac.id/index.php/jkpm/article/view/2490/1877.

Mirza, Asrifal. 2016. The Use of Mind Mapping Strategy to Improve Students Speaking Ability. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Faculty Of Tarbiyah and Teacher Training Islamic State University Of Ar-Raniry Darus- salam.

Nasih, Ahamad Munjin., & Kholidah, Lilik Nur. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Novitasari, Linda. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dipadu Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X Di SMAN 2 Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UM.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, Naswan. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pen- didikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1¯ 10. Dari https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPE/article/view/3046/2521.

Ramadhana, Y.R. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM.

Sartika, R., Agustina., & Basri, I. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 12¯ 26. Dari file:///C:/Users/riko%20dwiki% 20pratama/Downloads/4901- 9937-1-SM%20(1).pdf.

Sukmadinata, Nana S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Memberikan Deskripsi, Eksplanasi, Prediksi, Inovasi, dan Juga Dasar-Dasar Teoritis Bagi Pengembangan Pendidikan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sundari, F. L. 2016. Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas terhadap Permainan Kasti Di SDN Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwarjo., Maryatun, I. B., & Kusumadewi, Nurul. 2012. Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta). Jurnal Pendidikan Anak, 1(1),79¯102. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p51-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats