PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK NEGERI 9 MALANG DALAM UPAYA MEMASARKAN LULUSAN KE DUNIA KERJA

Muafiqur Romadhoni, Partono Partono, Agus Sholah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untu mengetahui peran Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai unit pelaksana terhadap proses menyalurkan lulusan ke dunia kerja serta memberikan pelayanan dan pemberian informasi tentang lowongan kerja bagi lulusan di SMKN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, hasil penelitian berupa data mengenai (1) persiapan BKK dalam memasarkan lulusan pada dunia kerja; (2) pelaksanaan memasarkan lulusan ke dunia kerja yang dilakukan BKK; (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat proses memasarkan lulusan ke dunia kerja yang dilaksanakan oleh BKK dengan industri, bagaimana cara untuk mengatasi penghambat; (4) evaluasi BKK setelah pelaksanaan memasarkan lulusan ke dunia kerja dan mengungkap dampak dari proses memasarkan lulusan.

Keywords


Bursa Kerja Khusus (BKK), Memasarkan Lulusan, Dunia Kerja

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Novita. 2014. Studi Tentang Peran Serta Orang Tua Dan Dunia Usaha/Dunia Industri Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Singosari. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Badan Pusat Statistik. Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2016. http://sp2010.bps.go.id/ (Online), diakses 10 Matet 2017.

Cornelia, Bella, T. 2017. Kerjasama SMK Dengan Industri Dalam Pelaksanaan Penyaluran Lulusan Memasuki Dunia Kerja Melalui Bursa Kerja Khusus Di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Damayanti, Astri. 2017. Partisipasi Industri Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Model Week Release Dan Block Release jurusan Teknik Otomotif Di SMK Negeri 1 Balikpapan. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Keputusan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 080ru/1993, tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Mawangi, Puteri A. 2016. Kerjasama SMK dengan Industri dalam Pelaksanaan Rekrutmen Tenaga Kerja Melalui Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Moleong. L. J. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya

Setyawan, Hari. 2017. Peran Industri Dalam Rekrutmen Tenaga Kerja Di SMK PGRI 3 Kota Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Universitas Negeri Malang. 2010. PPKI: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian Edisi Kelima. Malang: Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Sistem Informasi bekerja sama dengan Penerbit UM.

Waano, Tri. 2014. Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) Dalam Penempatan Kerja Lulusan Studi Kasus di SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Wena, M. 1996. Pendidikan Kejuruan Sistem Ganda. Malang: Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas IKIP Malang.

Yani, Nur. 2015, Strategi Kemitraan Bursa Kerja Khusus (BKK) Di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yoto, dkk. 2013. Partisipasi Masyarakat Industri Dalam Rekrutmen Tenaga Kerja Lulusan SMK Dengan “Sistem Ijon”. Jurnal Teknik Mesin. (Online), Vol 2, No. 3, diakses dari (http://www.jurnalpendidikanpro-fesional.com/index.php/JPP/article/view/93), pada tanggal 4 November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i12019p71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats