PERUBAHAN VARIASI DIAMETER PIPA INNER PADA MUFFLER TIPE THREE PASS TUBE TERHADAP KEBISINGAN SEPEDA MOTOR TIPE MESIN SOHC 125 CC

David Dwi Sumarda, Sumarli Sumarli, Windra Irdianto, Partono Partono

Abstract


Perkembangan dunia otomotif yang meningkat terutama sepeda motor membuat kemacetan terjadi dimana-mana sehingga membuat kebisingan cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebisingan antara penggunaan “muffler standar” dengan “muffler three pass tube diameter inner diperkecil dan diperbesar” terhadap kebisingan pada mesin tipe SOHC 125 cc. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali setiap putaran mesin 2000 rpm – 5000 rpm dengan kenaikan 500 rpm. Uji hipotesis menggunakan metode one-way ANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas data pada SPSS.

Keywords


diameter inner muffler, muffler standart, tingkat kebisingan

Full Text:

PDF

References


Chandan, S 2016. Technical Aspects: Muffler/Silencer. (Online).(https://midday.-cardekho.com/ others-guide/technical-aspects mufflersilencer.html). Diakses 3 juli 2019.

Herwangi. Yori, dkk. 2015. Peran dan Pola Penggunaan Sepeda Motor Pada Masyarakat Berpendapatan Rendah di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota vol. 26, no. 3, hlm. 166-176, Desember 2015 DOI: 10.5614/jpwk.2015.26.3.2 ISSN.

Nugroho. A & Hamijayo. K. 2015. Pengaruh Struktur Bagian Dalam Knalpot Standart dan Knalpot Modifikasi Diesel Stationer Terhadap Tingkat Kebisingan Lingkungan. Mechatronic at-aub Volume 9, Desember 2015. ISSN : 1907-3321.

Pardadi, Janu. 2005. Pengaruh rancangan muffler terhadap peredam suara dan unjuk keerja mesin. Jurnal Mesin da Industri, Volume 2, Nomor 2, Edisi mei 2005, ISSN 1693 – 704X, Hal. 19-24.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 07 Tahun 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Permenlh 7 2009 (Online), (Http:-//Hukum.Unsrat.Ac.Id/Lh/Permenlh_7_2009.Pdf), Di-akses tanggal 22 Januari 2019.

Putra, S.P.R, dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Berbagai Jenis Knalpot (Muffler) Terhadap Kualitas Gas Buang Dan Tingkat Kebisingan Pada Mobil Toyota Avanza Type 1.3 G Manual Tahun 2012. Automotive Engineering Education Journals. ejournal.unp.ac.id, 2015, Hlm. 1-3.

Rudini & Pristianto. H. 2018. Analisa Kebisingan Akibat Aktivitas Transportasi Dijalan Ahmad Yani Kota Sorong. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sorong. Hal. 1-5.

Sanata, Andi. 2011. Pengaruh Diameter Pipa Saluran Gas Buang Tipe Straight Throw Muffler Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Jurnal Rotor, Volume 4 Nomor1. 32-39.

Santoso, Muhammad. A. 2012. Studi Pengaruh Konfigurasi Desain Knalpot Terhadap Fenomena Backpressure pada Sistem Pembuangan-Gas Mesin Diesel. (Online). (https://muhammadagungsantoso.wordpress-.com/2012/04/23/studi-pengaruh-konfigurasi-desain-knalpot terhadap feno-mena backpressure-pada-sistem-pembuangan-gas-mesin diesel/), diakses 30 juni 2019.

Tarigan. Kristian. & Amin Suhadi. S, 2015. Pengaruh Jenis Aliran Silencer Muffler Knalpot Terhadap Tingkat Kebisingan dan Emisi Gas Buang pada Kenderaan Roda Empat Kapasitas 1600 Cc. Jurnal Ilmiah Teknobiz Vol. 5 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i22019p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats