PENGEMBANGAN MODUL SISTEM KEMUDI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KEMUDI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKN 1 JABON SIDOARJO

Rijal Awaludin Nur, Eko Edi Poerwanto, Partono Partono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul sistem kemudi yang sesuai dan dapat dengan mudah digunakan oleh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Jabon. Model penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model 10 langkah penelitian. Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dan tes. Kuesioner diisi oleh uji coba siswa sampel penelitian berjumlah 25 siswa berupa data hasil penilaian siswa terhadap modul sistem kemudi. Sedangkan tes yang dilakukan berupa pre tes dan post tes siswa terkait dengan modul sistem kemudi berjumlah 25 siswa kelas XI TKR. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui  kevalidan modul dan pengaruh modul terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data validasi ahli materi dan validasi ahli media menunjukkan skor 98,6 %. Kemudian, dari hasil analisis data nilai siswa terdapat perbedaan signifikan antara nilai sebelum adanya modul dan sesudah adanya modul dibuktikan dengan pre tes dan post tes. Nilai pre tes siswa kelas XI TKR  82% dari keseluruhan siswa dikelas mendapatkan klasifikasi nilai D (Kurang) dan setelah dilakukan post tes nilai siswa tersebut naik menjadi 84% mendapatkan klasifikasi nilai B (Baik).) Kesimpulan dari penilaian keseluruhan modul pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak digunakan dan dapat mempengaruhi nilai siswa secara signifikan.

Keywords


pengembangan modul, prestasi belajar, sistem kemudi

Full Text:

PDF

References


Astra International Training Center, Basic Mechanic Training 3, Astra Internasional.

Dadang Hidayat, 2004 Pemeriksaan Sistem Kemudi, Bandung, Depdiknas.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammd, Hamid. 2015. Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparno, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutamadji, 2005, Perbaikan sistem kemudi ,Jakarta, Depdiknas.

Toyota Astra Motor, 1994, Training Manual Steering System Step 2, Jakarta, PT.Toyota Astra Motor.

Toyota Astra Motor, 1994, Training Manual Wheel Alignment & Tires Step 2, Jakarta, PT.Toyota Astra Motor.

Toyota Service Training, 1996, New Step 1, Jakarta, PT.Toyota Astra Motor.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i22019p11-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats