PENGARUH VARIASI DIMENSI KNALPOT RACING TERHADAP DAYA DAN INTENSITAS SUARA PADA SEPEDA MOTOR HONDA CS 1 125CC

Nufel Bagas Ichtiar, Paryono Paryono, Imam Muda Nauri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap daya yang dihasilkan dan untuk mengetahui pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap intensitas suara yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan analisis data One Way Anova. Pengujian dilakukan pada rpm 1500, 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500 dan 7000. Untuk pengambilan data daya dan intensitas suara dilakukan dengan dynamometer dan sound level meter, untuk menjaga keabsahan data dilakukan lima kali pengujian tiap rpm pada tiap ukuran dimensi knalpot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari variasi dimensi knalpot racing terhadap (daya) dan intensitas suara sepeda motor Honda CS 1 125cc. Daya tertinggi dihasilkan oleh knalpot 1 inch, pada Rpm 7000 didapatkan hasil 7,351 HP. Daya terendah dihasilkan oleh knalpot 0,5 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 6,685 HP. Intensitas suara tertinggi dihasilkan oleh knalpot 1 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 89,6 dB. Intensitas suara terendah dihasilkan oleh knalpot 0,5 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 81,7 dB. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh perubahan daya yang signifikan dikarenakan aliran gas buang yang lancar dan membuat berkurangnya tekanan balik. Tekanan balik dapat membuat efisiensi pembakaran mesin menurun dan berpengaruh terhadap menurunnya daya. Pada penelitian ini juga diperoleh perubahan suara yang signifikan dikarenakan kerapatan medium yang berguna untuk menghantarkan gelombang suara. kepadatan medium (ρ) akan semakin naik bilamana volume (V) semakin kecil. Kerapatan dapat menyebabkan medium udara sulit untuk bergetar (menghantarkan gelombang suara) yang mengakibatkan kecepatan suara menjadi lebih lambat (suara pelan).

Keywords


Knalpot Racing, Daya, Intensitas Suara

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Produksi Kendaraan Bermotor Dalam Negeri. (Online), (www.bps.go.id, diakses 10 Maret 2019)

Akhya, R., Husin, B., dan Basori. 2016. Analisis Penggunaan Knalpot Model FreeFlow Dan Busi Racing Terhadap Torsi, Daya Dan Tingkat Kebisingan Sepeda Motor 4 Langkah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rosid. 2016. Analisis Proses Pembakaran Pada Motor Bensin 113.5 cc Dengan Simulasi Ansys. Jurnal. Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Potente, Daniel. 2005. General Design Principles for an Automotive Muffler. Day Design Pty Ltd, Acoustical Consultants, Sydney.

Sonata, A. 2011. Pengaruh Diameter Pipa Saluran Gas Buang Tipe Straight Throw Muffler Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Vol 4 halaman 32-39, Universitas Negeri Jember.

Sarwuna, S,J,E., Wegie, R., Setiawan, I,C. 2017. Kajian Simulasi Pengaruh Tekanan Balik Gas Buang Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Empat Langkah 135cc. Jurnal Ilmiah Teknobiz, Program Studi Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila.

Sriwigiyatno, K. 2006. Analisis Pengaruh Kolom Udara Terhadap Nilai Koefisien Serapan Bunyi Pada Dinding Partisi Menggunakan Tabung Impedansi Dua Mikrofon. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i22019p15-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats