PERBEDAAN PENGGUNAAN VARIABEL RESISTOR 5K SEBAGAI PENGGANTI TPS TERHADAP PERUBAHAN RPM DAN EMISI GAS BUANG HC PADA HONDA VARIO 125 PGM-FI

Yoki Setiawan, Imam Muda Nauri, Fuad Indra Kusuma, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan menguji produk yang dihasilkan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, analisis data menggunakan independent sampel t-Test dengan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan TPS standard dan TPS dengan variabel resistor 5K dimana jika dilihat dari emisi gas buang HC variabel resistor menimbulkan HC yang lebih tinggi dan jika dilihat dari RPM, variabel resistor 5K menghasilkan RPM lebih rendah. Sehingga dapat disimpulkan variabel resistor 5K dapat digunakan sebagai pengganti TPS original.

Keywords


TPS, Variabel Resistor 5K, Emisi Gas Buang HC, RPM

Full Text:

PDF

References


Adrieq, Akbar & Sudarmanta, Bambang. 2016. Studi Eksperimental Pengaruh Air Fuel Ratio Proses Gasifikasi Briket Municipa Solid Waste Terhadap Unjuk Kerja Gasifier Tipe Downdraft. Jurnal Teknik ITS . Volume. 1. No, 1.

Anton. 2013. Perbandingan Gas Buang Kendaraan Bermotor Berbahan Bakar Bensin Dan LPG dengan Konverter Kit Dual Fuel sebagai Pengatur LPG pada Motor Bermesin 150 CC. Skripsi. Fakultas Teknik. Unoversitas Negeri Semarang.

Dharmawan, Renno Feibianto & Sudarmanta, Bambang. (2015). Studi Exsperimen Pengaruh Rasio Kompresi dan Durasi PenginjeksianBahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Engine Honda CBR150R Berbahan Bio Ethanol E100. Article. Fakultas Teknik Industri.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Ellyanie. 2011. Pengaruh Penggunaan Three Way Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang PadaKendaraan Toyota Kijang Inova. Jurnal Teknik Mesin. ISBN : 979- 587-395-4.

Heisner. Blaine M. 2016. The Effect Of Electronic Throttle Control Systems On Gasoline Internal Cmbustion Engine Compression Testing Procedures. Jurnal Of Applied Sciences And Art Volume.1 No.1. Halaman: 1-14

Infineon. 2008. Throttle Position Sensing With Linear Hall Sensors. German.Infineon Technologies AG.

Ismail, Hasan. 2013. EMS Engine Management System. Malang. Gunung Samudera.

Mulyadi. Cecep Deni. 2013. Pengaruh Penyetelan Tegangan Throttle Posision Sensor (TPS) dan Idle Speed Control (ISC) Terhadap Daya Mesin Serta Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 108 CC. Jurnal Ilmiah Teknobiz. Volume. 3 no.3. Halaman: 105-109

Nauri, Imam Muda. 2013. Elektronika Dasar. Malang. Gunung Samudera

Nugraha. Beni Setya. 2007. Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Populer Dan Terapan. Volume. 5 No. 2. Halaman: 692-706

Susantoso. Bambang. 2014. Sepeda Motor: Peran dan Tantangan. Disampaikan pada event AISI (Asosiasi Industri Sepeda

Motor Indonesia) dengan Tema “Teknologi, Keselamatan dan Sikap”.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v3i22019p33-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats