PENGARUH PANJANG KAMPAS KOPLING TERHADAP AKSELERASI DAN TOP SPEED SEPEDA MOTOR MATIC

Abdan Syakuro Almahbubi, Paryono Paryono, Fuad Indra Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan akselerasi & top speed sepeda motor matic Honda BEAT PGM-FI 110 cc melalui variasi panjang kampas kopling. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu dengan model disain Randomized control-grup only design. Berdasarkan hasil analisis data akselerasi dihasilkan nilai signifikansi data akselerasi 0-60 Km/h sebesar 0,001, data akselerasi 0-80 Km/h sebesar 0,002, data akselerasi 0-100 Km/h sebesar 0,000. Pada pengujian top speed didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,024. Dengan demikian hasil analisis data melihatkan bahwasanya nilai signifikansi <0,05, maka ditarik kesimpulan ada perbedaan yang signifikan variasi panjang kampas kopling terhadap akselerasi dan top speed. Hasil pengujian menunjukkan panjang kampas kopling 7 cm memiliki akselerasi tertinggi dan top speed puncak tertinggi.

Keywords


Kampas Kopling, Akselerasi, Top Speed

Full Text:

PDF

References


Baim. 2017. Ingin Performa Motor Matic Galak, Ini Budget yang Dikeluarkan (online), (https://www.gooto.com/read/909306/ingin-performa-motor-matic-galak-ini-budget-yang-dikeluarkan), diakses 11 November 2019

Giancoli, Douglas C. 2014. Fisika: Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Hariyadi. 2019. Daytona punya kampas kopling skutik anti selip, tahan suhu tinggi, ini dia bahannya (online), (https://otomotifnet.gridoto.com/read/231817048/daytona-punyakampas-koplingskutik-anti-selip-tahan-suhu-tinggi-ini-dia bahannya), diakses 16 November 2019 https://owaspeed.files.wordpress.com/2013/12/24075-004-613c6f14.gif)

Lazuardi, M.D. 2017. The Effect of Using the Clutch Spring on Transfer and Acceleration Power on a Honda Mega Pro Motorcycle. Skripsi. Malang: PTO UM

Marsudi. 2016. Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic. Yogyakarta: Andi Offset

Wibawa, R. A., Darlius, D., & Zulherman, Z. 2018. Effect of Primary Pulley Angle Change Against Power and Torque on a 4-Step Automatic Transmission Motorcycle. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v4i12020p18-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats