PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN DIFFERENTIAL DI KELAS X TKR SMK PGRI 3 MALANG

Awalia Habibatuz Zahro, Eko Edi Poerwanto, Andika Bagus Nur Rahma Putra, Partono Partono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quipper School. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental semu dengan pre-test dan post-test.  Instrumen yang digunakan adalah instrumen pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).. Analisis data dengan uji Independent Sample T Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Quipper School memiliki beberapa kelebihan untuk membantu proses pembelajaran, media Quipper School yang dihasilkan berbasis bleanded learning dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan pemanfaatan Quipper School lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan differential di kelas X TKRO SMK PGRI 3 Malang dibandingkan dengan media slide presentasi.

Keywords


Quipper School, Blended Learning, Hasil Belajar, Differential

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., & Cahyono, B. Y. 2017. Perceptions Of Indonesian Teachers And Students On The Use Of Quipper School As An Online Platform For Extended Efl Learning. Journal Of Language Teaching And Research. 8(4):794-800. Doi: 10.17507/Jltr.0804.20.

Apjii. 2018. Hasil Survei Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Online, (Https://Doi.Org/10.1016/J.Seizure.2011.01.014), Diakses Pada 1 Januari 2019.

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. 2018. Pemanfaatan E-Learning Quipper School Oleh Guru Dan Siswa Untuk Optimalisasi Pembelajaran Di Man 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2): 157-167. Doi: 10.22146/Jpkm.27404.

Lestari, Tri A.N. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Quipper School Materi Pokok Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Akutansi Universitas Negeri Malang.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan Dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Nadlir, M. 2018. Komnas Ham Catat 4 Kondisi Darurat Pendidikan Indonesia. (Online), (Https://Nasional.Kompas.Com/Read/2018/05/02/12581141 /Komnas-Ham-Catat-4-Kondisi-Darurat-Pendidikan-Indonesia), Diakses 5 Maret 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. (Online), (Http://Luk.Staff.Ugm.Ac.Id/Atur/Bsnp/Permendikbud81a-2013implementasik13lengkap.Pdf), Diakses 10 Februari 2019.

Permatasari, D. 2019. The Effect Of Using “Edmodo And Quipper School” In Blended Learning Method Towards Students’ Writing Skill At The Second Year Students Of Sman 1 Bengkulu Tengah. Joall (Journal Of Applied Linguistics And Literature). 6(11): 13-33. Doi: Doi.Org/10.33369/Joall.V3i1.6150.

Pranata, W. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Quipper School Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ips 6j2 Sma Negeri 10 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.

Rahmiati & Pianda, D. 2018. Penggunaan Quipper School Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online). 2 (2) 160-172. Dari Http://E-Jurnalmitrapendidikan.Com.

Sulisworo, D., Sulistyo, E. N., & Akhsan, R. N. 2017. The Motivation Impact Of Open Educational Resources Utilization On Physics Learning Using Quipper School App. Turkish Online Journal Of Distance Education. 9(1): 35-43. Doi: 10.17718/Tojde.340399.

Zahara, Regina C. 2017. Efektivitas Penggunaan Media E-Learning “Quipper School” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di Smk Islam Bayu. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Akutansi Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v4i12020p59-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats