PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 6 MALANG

Avista Novi Antikasari, Partono Partono, Andika Bagus Nur Rahma Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Edmodo berbasis e-learning. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental semu dengan  Randomized Posttest Only Control Design. penelitian dilakukan di SMK Negeri 6 Malang. Analisis data dengan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada peserta didik kelas X TKRO di SMK Negeri 6 Malang.

Keywords


Edmodo, Blended learning, Hasil Belajar, Dasar Engine 2 & 4 Langkah

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. 2018. Komponen Pengembangan E-learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58-65. DOI: 10.21009/JPI.011.09.

Arifin, Johar. 2017. SPSS untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aslamiyah, T.A., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. 2019. Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP. 2(2), 109-114.

Astuti, I. P., Ariyadi, D., & Buntoro, G. A. 2018. Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Quipper School untuk Optimalisasi Jam Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. E-DIMAS. 9(1): 40-47. DOI: 10.26877/e-dimas.v9i1.1583

Batita, A. F. R., Wijoyo, G., Herlambang, D. 2019. Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan. JITP. 6(1). 42-55.

Budiningsih, Asri. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dharmawati. 2017. Penggunaan E-learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Bussines. Jurnal Query: Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43.

Ekici, D. I., 2017. The use of Edmodo in Creating an Online Learning Community of Practice for Learning to Teach Science. Malaysian Online Journal of Educational Science, 5(2), 91-106.

Fauzi, A., 2017, The effect of Edmodo on Students’ Writing Skill in Recount Text. Internasional Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(2), 73-79.

Giovany. 2017. Ragam Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS. Semarang: Wahana Komputer.

Hartatik, Cahyaningsih, I.J, Purnomo, A, Hartono, R, Bawono, S.A.T. 2017. Pengembangan Aplikasi E-learning Sekolah Menengah Atas. Jurnal Simetris, 8(2), 619-628.

Hursen, C., 2018, The Impact of Edmodo Assisted Project-Based Learning Applications on the Inquiry Skills and Academic Achievement of Prospective Teachers, TEM Journal, 7(2), 446-455.

Miftah, M. Z., 2018. Utilization of Edmodo as an Online Tool in EFL Writing Class to in Crease Students’ Writing Ability. Register Journal, 11(1), 37-58.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Permatasari, D. 2019. The Effect Of Using “Edmodo And Quipper School” In Blended Learning Method Towards Students’ Writing Skill At The Second Year Students Of Sman 1 Bengkulu Tengah. JOALL (Journal of Applied Linguistics and Literature). 6(11): 13-33. DOI: doi.org/10.33369/joall.v3i1.6150.

Rulviana, V. 2018. Implementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 206-208.

Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Statika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Taslim, Dafwen. T, Syahtriatna. 2017. Pengaruh Pengaplikasian E-learning terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Umlak). Jurnal Inovtek Polbeng, 2(2), 182-188.

Universitas Negeri Malang, 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v4i12020p67-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats