PERBEDAAN PENGGUNAAN TRANSISTOR CONTROLLED IGNITION (TCI) DAN PLATINA TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR BENSIN SEBARIS 4 SILINDER 4 LANGKAH 1500 CC

Cahyo Bagus Sulisdiantoro, Imam Muda Nauri, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Sistem pengapian konvensional platina berfungsi untuk menghasilkan arus listrik tegangan tinggi pada kumparan sekunder dengan cara induksi elektromaknet dan menghubungkan serta memutus arus listrik yang mengalir melalui kumparan primer pada pengapian. Dengan sistem TCI (Transistor Controlled Ignition) yang diletakkan di motor bensin sebaris 4 silinder 4 langkah 1500 CC tersebut diharapkan dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar. Karena kerja dari platina dibantu oleh TCI (Transistor Controlled Ignition) sehingga plat platina bisa bekerja secara tepat untuk memutus arus dan menghubungkan arus pada plat platina. Apabila aliran listrik untuk menyalakan pengapian maksimal maka bisa membuat pembakaran lebih sempurna dan secara teratur. Tujuan dilakukaknnya  penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penggunaan Transistor Controlled Ignition (TCI)  dan platina terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin sebaris 4 silinder 4 langkah 1500 cc Alat yang digunakan untuk mengukur konsumsi bahan bakar yaitu gelas ukur. Dari penelitian ini konsumsi bahan bakar yang menggunakan TCI pada RPM 3000 dihasilkan 297 ml/s, sedangkan pada pengapian platina pada RPM 3000 dihasailkan 313 ml/s. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan Transistor Controlled Ignition (TCI)  dan platina terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin sebaris 4 silinder 4 langkah 1500 cc.

Keywords


Pengapian, TCI, Platina, Konsumsi Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


Mardani Ali Sera. 2015.Optimasi Daya Mesin Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Toyota Seri 5K Melalui Penggunaan Pengapian Booster. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Sutiman M.T. 2011. Sistem Pengapian Elektronik. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Sumarauw, H. J. R. 2012. Modifikasi Sistem Pengapian Konvensional menjadi Pengapian Elektronik. 17 (1): 57-63. Online. Available at http://journal.uny.ac.id. [accessed 7/30/2020].

Syahrani, awal. (2006). Analisa Kinerja Mesin Bensin Berdasarkan Hasil Uji Emisi. Jurnal: Universitas Tadulako.

Toyota. Tanpa tahun. Dasar-Dasar Automobil. Jakarta: PT. Toyota-Astra

Tinus Ginting. 2017.Pengaruh Pengapian CDI Terhadap Emisi Gas Buang Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin 1800 CC. Jurnal ilmiah “INTEGRITAS” Vol. 3 No. 1 Mei 2017. Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats