PENGARUH MODIFIKASI UKURAN LUBANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN PERFORMANSI KENDARAAN SEPEDA MOTOR HONDA 4 TAK 125CC

Krishna Nur Rokhman, Sumarli Sumarli, Paryono Paryono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh modifikasi ukuran lubang intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan performansi (daya dan torsi) pada sepeda motor Honda SupraX 125cc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis experimental. Variabel bebas pada penelitian ini berupa ukuran lubang intake manifold dan variable terikat berupa konsumsi bahan bakar dan performansi (daya dan torsi). Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor Honda SupraX 125cc. Teknik analisis penelitian ini dilakukan dengan metode statistik uji F dengan menggunakan one way ANOVA dengan bantuan  software IBM SPSS for windows. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari modifikasi ukuran lubang intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar mesin Honda SupraX 125cc. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari modifikasi ukuran lubang intake manifold terhadap daya mesin Honda SupraX 125cc. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari modifikasi ukuran lubang intake manifold terhadap torsi mesin Honda SupraX 125cc. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa modifikasi ukuran lubang intake manifold tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi bahan bakar dan performansi (daya dan torsi).

Keywords


Intake Manifold, Konsumsi Bahan Bakar, Peforma mesin

Full Text:

PDF

References


Arends, H.Berenschot, 1980, Motor Bensin, Erlangga, Jakarta.

Mardani Ali Sera. 2015.Optimasi Daya Mesin Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Toyota Seri 5K Melalui Penggunaan Pengapian Booster. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Nirmala, Adhi, 2018, Konsep Modifikasi Untuk Meningkatkan Daya Mesin Sepeda Motor. Teknik Otomotif UNY

Subandiyo, 2016, Intake Manifold, (Online), (http://subandiyo513.blogspot.co.id/20 10/09/intake-manifold.html), diakses pada 16 November 2020.

Sumarauw, H. J. R. 2012. Modifikasi Sistem Pengapian Konvensional menjadi Pengapian Elektronik. 17 (1): 57-63. Online. Available at http://journal.uny.ac.id. [accessed 7/30/2020].

Sutiman M.T. 2011. Sistem Pengapian Elektronik. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Suyanto, Wardan, 1989, Teori Motor Bensin, Jakarta: Proyek Prngrmbangan Lembaga Pendidikan

Syahrani, awal. (2006). Analisa Kinerja Mesin Bensin Berdasarkan Hasil Uji Emisi. Jurnal: Universitas Tadulako.

Tinus Ginting. 2017.Pengaruh Pengapian CDI Terhadap Emisi Gas Buang Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin 1800 CC. Jurnal ilmiah “INTEGRITAS” Vol. 3 No. 1 Mei 2017. Medan

Toyota. Tanpa tahun. Dasar-Dasar Automobil. Jakarta: PT. Toyota-Astra.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats