PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN CERAMAH PADA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 JABON

Moch Amiril Muminin, Syarif Suhartadi, Partono Partono

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar pada peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis, Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan suatu rancangan dengan penelitian ( Two Groups Posttest Design )  yaitu memakai suatu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment, Penelitian ini menggunakan kelas TKR 1 & 2 (Teknik Kendaraan Ringan) yang berjumlah 66 peserta didik dari kedua kelompok kelas tersebut terpilih dari segi kemampuan akademik mempunyai ciri yang sama yaitu jurusan otomotif serta akan memperoleh suatu perlakuan dari segi yang sama antara seorang pendidik(guru) dan materi pembelajaran yang diberikan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu berupa angket tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kajian yang diperoleh terdapat perbedaan dari nilai hasil belajar antara kelas diberikan suatu metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran ceramah  pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Jabon.

Keywords


Metode Pembelajaran Demonstrasi, Metode Pembelajaran Ceramah, Hasil Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Pandu.

Fitrianto Dwi ferry. 2013. Pengaruh Pemberian Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Yang Diterapkan Melalui Tugas Individu dan Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kerja Las Kelas X TPMI Di SMK 1 Singosari. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmawati & Lufianti. 2011. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi Dengan Metode Ceramah Dan Demonstrasi Terhadap Perubahan Teknik Sikat Gigi Di SDN 05 Godong. Grobogan.

Rubiyo. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Pada Sub Kompetensi Perbaikan/Servis Sistem Kopling Di Smk Ma’arif 1 Nanggulan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sarwono, J. 2011. Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif Dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p31-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats