PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RANGKUMAN PRA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI KLASIFIKASI ENGINE DI SMK NEGERI ROWOKANGKUNG

Muhammad Ilhamni Uluumal Hikam, Agus Sholah, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Pada dasarnya ada dua faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikansi pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri Rowokangkung Lumajang dengan jumlah 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap keaktifan peserta didik, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords


Tugas Rangkuman, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Addison W. L. Teaching By Principles: An Interactive Approach To Language Pedagogy. San Franscisco 2001

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ahmadi Dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Cet. 1.

Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,S. 2009. Metodelogi Penelitian (Edisi Revisi). Yogyakarta: Bina Aksara

Bhakti, Yoga Budi. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Terstruktur. Universitas Indraprasta Pgri: Jurnal Penelitian Volume V Nomor 2.

Dimyati Dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hamalik Oemar. 2012. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan Cbsa. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Imtikhanah. 2000. Pengaruh Pemberian Tugas Membuat Rangkuman Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pokok Bahasan Koloid Smun 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2000/2001

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan Dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Roestiyah N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sainul Ibni. 2012. Hubungan Keaktifan Berdiskusi Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sardiman. 2004. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2012. Pengertian Keaktifan Belajar Siswa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Shalikhawati, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi-Ia Sma Negeri 8 Malang Pada Materi Pokok Koloid. Skripsi Mahasiswa Um.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.

Ucik, R. Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Di Smpn 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020 Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo

Winkel, 2010. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan, Yogyakarta : Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p41-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats