PERBEDAAN PENGGUNAAN VARIAN BERAT PISTON DATAR TERHADAP DAYA, AKSELERASI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR 4 TAKT 110 CC SOHC
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, BPM & Berenschot, H. 1980. Motor Bensin. Jakarta : Erlangga.
Arimbawa, S., Nugraha, P., Dantes, R. Analisis Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Naphthalene Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Volume 7, nomor 1, halaman 1- 6.
Bakti, Electrikkyan, P. 2019. Pengaruh Racing Valve Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Beat 108 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Esaputra, G. B. W., Wijaya., I. G. B. W., Suryawan, A. A. Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Liquified Gas For Vehicle (LGV) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, SFC Dan Emisi Gas Buang Pada Mobil. Volume 2, Nomor 2, Halaman 83-92.
George H. Martin. Kinematika Dan Dinamika Teknik. Jakarta : Erlangga
Gunadarma, Adrenal Ken. 2019. Fungsi Penting Piston Pada Mesin Kendaraan Anda. (Online), (http://fastnlow.net/fungsi-penting-piston-pada-mesin-kendaraan-anda/), diakses 8 Desember 2019.
Hakim, Lukmanul. 2018. Ternyata Piston FIM OEM Aftermarket Itu Beda Desain.(Online), (https://www.lukmanulhakim.id/piston-fim-oem-vs-aftermarket/), diakses 6 Desember 2019.
Halderman, james. D. 2012. Automotive Technologi : Princiles, Diagnosis, And Service. Amerika Serikat : Pearson Education.
Jama, J. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Kurniawan, R. 2020. Pengaruh Variasi Massa Piston Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z 100 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Marsudi, M.T. 2016. Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic.Yogyakarta : Andi.
Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang : Aditya Media Publishing.
Prayogi, 2016. Pengaruh Penggunaan Roller Roker Arm Terhadap Daya Motor Pada Motor Mio Fino. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pudjanarsa, A. & Nursuhud, D. 2008. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta : Andi.
Putra, Hendra, B. R. 2019. Pengaruh Penggunaan Piston Dome Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Beat 110 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Raharjo, W.D dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Sugiyono. 2017. Metode. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alvabeta.
Wicaksono, Arian Setya. 2013. Pengaruh Penggunaan Turbojet Accelerator Terhadap Emisi Gas Buang (CO Dan HC) Ada Suzuki Aerio. Skrisi Tidak Diterbitkan. Malang : FT Universitas Negeri Malang.
Widodo, Edi. S., Surjadi, E. Kinerja Motor Bakar Bensin Satu Silinder 4 Tak Dengan Variasi Bobot Torak (125 Cc). Volume 14, Nomor 2, Halaman 43-48.
Wisudha, A. 2012. Mekanika Dan Dinamika Pena Piston Motor Bakar Satu Silinder Honda Revo. Skripsi tidak diterbitkan. Sumatera : Universitas Sumatera Utara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p49-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.