PERBEDAAN PENGGUNAAN VARIAN BERAT PISTON DATAR TERHADAP DAYA, AKSELERASI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR 4 TAKT 110 CC SOHC

Muhammad Rofik Ashari, Imam Muda Nauri, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan varian berat piston datar terhadap daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 4 takt 110 CC SOHC. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain Quasi Eksperimental melalui pendekatan kuatitatif. Variabel yang diuji terdiri dari variabel independent berupa varian berat piston datar (91 gram, 87 gram dan 83 gram), sedangkan variabel dependent berupa daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Objek penelitian yang digunakan berupa sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 CC SOHC. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa daya mesin yang menggunakan berat piston standart 91 gram pada putaran mesin 8000 rpm menghasilkan 8,925 HP, piston custom 87 gram menghasilkan 9,01 HP, dan piston custom 83 gram menghasilkan 9,05 HP. Sedangkan akselerasi mesin yang menggunakan berat piston standart 91 gram pada kecepatan 70-80 km/jam menghasilkan 8,28 m/s2, piston custom 87 gram menghasilkan 8,30 m/s2, piston custom 83 gram menghasilkan 8,32 m/s2. Sementara konsumsi bahan bakar mesin yang menggunakan berat piston standart 91 gram pada putaran mesin 8000 rpm menghasilkan 20,00 ml/detik, piston custom 87 gram menghasikan 20,36 ml/detik dan piston custom menghasilkan 20,40 ml/detik. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan analisis One Way Anova dapat disimpulkan bahwa penggunaan varian berat piston datar tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap daya, akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 4 takt 110 CC SOHC.

Keywords


berat piston, daya mesin, akselerasi dan konsumsi bahan bakar

Full Text:

PDF

References


Arends, BPM & Berenschot, H. 1980. Motor Bensin. Jakarta : Erlangga.

Arimbawa, S., Nugraha, P., Dantes, R. Analisis Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Naphthalene Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Volume 7, nomor 1, halaman 1- 6.

Bakti, Electrikkyan, P. 2019. Pengaruh Racing Valve Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Beat 108 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Esaputra, G. B. W., Wijaya., I. G. B. W., Suryawan, A. A. Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Liquified Gas For Vehicle (LGV) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, SFC Dan Emisi Gas Buang Pada Mobil. Volume 2, Nomor 2, Halaman 83-92.

George H. Martin. Kinematika Dan Dinamika Teknik. Jakarta : Erlangga

Gunadarma, Adrenal Ken. 2019. Fungsi Penting Piston Pada Mesin Kendaraan Anda. (Online), (http://fastnlow.net/fungsi-penting-piston-pada-mesin-kendaraan-anda/), diakses 8 Desember 2019.

Hakim, Lukmanul. 2018. Ternyata Piston FIM OEM Aftermarket Itu Beda Desain.(Online), (https://www.lukmanulhakim.id/piston-fim-oem-vs-aftermarket/), diakses 6 Desember 2019.

Halderman, james. D. 2012. Automotive Technologi : Princiles, Diagnosis, And Service. Amerika Serikat : Pearson Education.

Jama, J. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, R. 2020. Pengaruh Variasi Massa Piston Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z 100 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Marsudi, M.T. 2016. Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic.Yogyakarta : Andi.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang : Aditya Media Publishing.

Prayogi, 2016. Pengaruh Penggunaan Roller Roker Arm Terhadap Daya Motor Pada Motor Mio Fino. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pudjanarsa, A. & Nursuhud, D. 2008. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta : Andi.

Putra, Hendra, B. R. 2019. Pengaruh Penggunaan Piston Dome Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Beat 110 CC. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Raharjo, W.D dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Sugiyono. 2017. Metode. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alvabeta.

Wicaksono, Arian Setya. 2013. Pengaruh Penggunaan Turbojet Accelerator Terhadap Emisi Gas Buang (CO Dan HC) Ada Suzuki Aerio. Skrisi Tidak Diterbitkan. Malang : FT Universitas Negeri Malang.

Widodo, Edi. S., Surjadi, E. Kinerja Motor Bakar Bensin Satu Silinder 4 Tak Dengan Variasi Bobot Torak (125 Cc). Volume 14, Nomor 2, Halaman 43-48.

Wisudha, A. 2012. Mekanika Dan Dinamika Pena Piston Motor Bakar Satu Silinder Honda Revo. Skripsi tidak diterbitkan. Sumatera : Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p49-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats