ANALISIS HASIL PENGEREMAN ABS DAN NON-ABS PADA TAPAK BAN JENIS SIMETRIS

Fuad Indra Kusuma, Partono Partono, Sumarli Sumarli, Hasan Ismail

Abstract


Analisi hasil pengereman dalam kajian ini menggunakan salah satu jenis tapak ban simetris, yaitu blok simetris 2-way direction. Selain itu peneliti menerapkannya pada sistem rem jenis non-ABS dan ABS. Analisis ini ditujukan untuk melihat dampak pengereman pada tapak ban jenis simetris agar dapat menjadi refensi para pengendara dan praktisi dalam penggunaan jenis tapak ban ini. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan memanfaatkan braking test bench tipe quarter car model. Data yang dihasilkan oleh braking test bench berupa tabulasi data dan grafik kecepatan linier roda, kecepatan kendaraan, dan waktu yang dibutuhkan untuk pengereman. Hasil analisis yang didapat adalah penggunaan tapak ban jenis simetris masih nyaman dan aman meski terdapat perbedaan kondisi slip yang dihasilkan pada penerapan sistem rem non-ABS dan ABS. Jadi, faktor utama yang menentukan keselamatan saat berkendara masih dipengaruhi oleh gaya mengemudi pengendara.

Keywords


tapak ban, rem, anti-lock braking system

Full Text:

PDF

References


Andini, A., Lestari, G. A., Mawaddah, I., & Khasanah, K. (2018). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ban Sepeda Motor Honda Dengan Metode Multi Objective Optimization on The Basic of Ratio Analysis (MOORA). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 5(1), 29–35. https://doi.org/10.30865/jurikom.v5i1.568

Ginzburg, G., Evtiukov, S., Brylev, I., & Volkov, S. (2017). Reconstruction of Road Accidents Based on Braking Parameters of Category L3 Vehicles. Transportation Research Procedia, 20, 212–218. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2017.01.054

Megawati, Y., & Dewayani, S. (2018). Peran Gaya Mengemudi Terhadap Perilaku Mengemudi Beresiko pada Pengendara Sepeda Motor di Kota Malang. MEDIAPSI, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2018.004.02.5

Pecolt, S., Błażejewski, A., Gierula, K., & Królikowski, T. (2021). Investigation of Anti-Lock Braking System failures using wavelet analysis. Procedia Computer Science, 192, 3262–3271. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.099

Pinchuk, A., Dadoenkov, P., Halutin, D., & Korago, I. (2019). Improved rolling system of railway stock on brake shoe. Procedia Computer Science, 149, 258–263. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.01.132

Pretagostini, F., Ferranti, L., Berardo, G., Ivanov, V., & Shyrokau, B. (2020). Survey on Wheel Slip Control Design Strategies, Evaluation and Application to Antilock Braking Systems. IEEE Access, 8, 10951–10970. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2965644

Salehi, M., Noordermeer, J. W. M., Reuvekamp, L. A. E. M., & Blume, A. (2020). Parameter optimization for a laboratory friction tester to predict tire ABS braking distance using design of experiments. Materials & Design, 194, 108879. https://doi.org/10.1016/j.matdes.2020.108879

Teodosio, L., Timpone, F., Napolitano dell’Annunziata, G., & Genovese, A. (2021). RANS 3D CFD simulations to enhance the thermal prediction of tyre thermodynamic model: A hierarchical approach. Results in Engineering, 12, 100288. https://doi.org/10.1016/j.rineng.2021.100288

Torosian, L., & Chernyaev, I. (2020). Method of creating control framework for environmental safety of car tires. Transportation Research Procedia, 50, 689–697. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2020.10.081

Xu, W., Chen, H., Zhao, H., & Ren, B. (2019). Torque optimization control for electric vehicles with four in-wheel motors equipped with regenerative braking system. Mechatronics, 57, 95–108. https://doi.org/10.1016/j.mechatronics.2018.11.006.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p15-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats