PENGARUH UREA (NH2)2CO SEBAGAI DIESEL EXHAUST FLUID PADA SELECTIVE CATALYTIC REDUCTION BERBAHAN ZEOLITE TERHADAP DAYA DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL

Fendi Handika Setiawan, Sumarli Sumarli, Paryono Paryono

Abstract


Hasil penelitian akan digunakan untuk pengayaan keilmuan teknik otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk meneliti masalah tersebut, telah dilakukan pengujian daya mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc menggunakan dayno test di bengkel Roda Jaya Speed Malang dan pengujian emisi gas buang yang diteliti yaitu kadar kepekatan gas buang/opasitas mesin diesel Toyota Kijang LGX 2000 cc menggunakan smoke tester di bengkel Otomotif Universitas Negeri Malang. Dengan menggunakan variasi tipe Catalytic ( Catalytic converter, Catalytic SCR dengan DEF   20%,32.5%,40% ,dan tidak menggunakan catalytic) kemudian di uji pengaruhnya terhadap daya dan kadar kepekatan gas buang/opasitas pada putaran mesin 1000, 1250, 1500, 1750, 2000, 2250, 2500, 2750, 3000 RPM, didapatkan hasil bahwa: 1) Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 2) Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan yang tidak menggunakan catalytic mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 3) Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 4)  Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc. Berdasarkan hasil penelitian di atas, beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain: 1) bagi akademisi universitas negeri malang sebagai referensi dan masukan yang konkret ilmiah, sehingga dapat digunakan untuk prngayaan ilmu teknik otomotif dan pengembangan penelitian yang relevan selanjutnya; 2) bagi praktisi industri, membuat kendaran lebih GO green.

Keywords


catalytic converter; diesel; daya; opasitas

Full Text:

PDF

References


Gaikindo, Website. (2018 Sampai 2020). Gaikindo Production Data 2018, 2019, dan 2020 https://www.gaikindo.or.id/ Category/Data/ (diakses tanggal 13 November 2020).

Hendroyono Bambang. (2018). Indeks Kwalitas Lingkungan Hidup 2018. Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Jakarta

Warner O. Peter. ( 1976 ). Analysis Of Air Pollutants. John Wiley & Sons, Inc. Canada

Ichsan Nasution , Martias , Donny Fernandez. Tidak Ada Tahun. Pengaruh Perbedaan Variasi Tekanan Injektor Terhadap Ketebalan Asap (Opasitas) Pada Motor Diesel L300. Jurusan Teknik Otomotif FT UNP

Kurzer, F. And Sanderson, P.M. 1956. Urea in The History of Organic Chemistry: Isolation From Natural Sources. J. Chem. Educ., 33 (9): 452-459. Doi: 10.1021/Ed033p452

Lee, C., Stahlberg, E.A. And Fitzgerald, G. 1995. Chemical Structure of Urea in Water. J. Phys. Chem., 99 (50): 17737-17741. Doi: 10.1021/J100050a011

Dimas Gilang ( 2107 ), Sintesis Ni/Zeolit Alam Teraktivasi Asam Sebagai Katalis Pada Biodiesel Minyak Biji Ketapang.

Mustanir, 2010, Nanokatalis Nikel Untuk Memperbaiki Sifat Serapan Material Magnesium Hidrida (MgH2) (Online), http://nano.or.id, diakses pada tanggal 12 Oktober 2016 Pukul 8.28 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p29-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats