PENGARUH PENGGUNAAN SATURATED WATER INJECTION TEHADAP INTAKE AIR TEMPERATURE dan EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA VARIO INJEKSI 125CC

Muhammad Adib Dwi Anugerah, Muchammad Harly, M. Ihwanudin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh dari penggunaan saturated water injection dengan variasi saturated water terhadap emisi gas buang pada sepeda motor Honda vario 125cc menggunakan bahan bakar pertalite. Emisi gas buang mengandung gas ang berbahaya yaitu karbon monoksida dan Hidro karbon, yang apabila berlebihan maka gas tersebut akan berbahaya bagi kehidupan dalam jangka panjang. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menambahkan kadar oksigen ke dalam pembakaran melalui cara menginjeksikan air kedalam ruang bakar, alasan mengapa air yang ditambahkan yaitu air memiliki kandungan oksigen dan hidrogen yang tinggi. Hasil pengujian rata-rata emisi gas buang karbon monoksida sepeda motor dengan penggunaan water injection lebih rendah dibandingkan dengan tanpa water injection dengan perbandingan 0,20 saat menggunakan water injection dan 0,57 saat tanpa menggunakan water injection, hasil pengujian rata-rata emisi hidro karbon yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan penggunaan water injection lebih rendah dibandingkan sepeda motor tanpa menggunakan water injection dengan penurunan 17,11%.

Keywords


saturated water injection; IAT; emisi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. dan Sukoco. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta.

Basori, et al. 2014a. Analisis Konsumsi Bahan Bakar Terhadap Water Injection (Wai) Berbasis Mikrokontroler Yang Diterapkan Pada Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional ke-9 ReTII 2014. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional. Yogyakarta. 313-318. (online) http://retii.sttnas.ac.id/wp content/uploads/2015/08/Buku-2-Prosiding-Seminar Nasional-RETII-Ke-9-Tahun-2014-STTNAS-Yogyakarta.pdf (diakses 14/ 03/ 2017).

Basori, et al. 2014b. Pemanfaatan Mikrokontroler AT89S51 Dalam Rancang Bangun Sistem Water Injection Berbasis Mikrokontroler pada Sepeda Motor. JIPTEK. Vol VII Nomor 2. (online) http://download.portalgaruda.org/article.php?article=262637&val=4077&title=Pemanfaatan Mikrokontroler AT89S51 Dalam Rancang Bangun Sistem Water Injection Berbasis Mikrokontroler Pada Sepeda Motor (diakses 28/12/2016).

Boentarto. 2005. Cara Pemeriksaan, Penyetelan, dan Perawatan Sepeda Motor. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.wagino

Cooper CD., & Alley FC. 2011. Air Pollution Control: A Design Approach. Fourth Edition. Long Grove, IL: Wavelan Press, Inc.

Jama, J. dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kettner, M. et al. 2016. Investigating The Influence of Water Injection On The Emissions of A Diesel Engine. Journal of Mechanical Engineering and Sciens (JMES). Vol 10 : 1863-1881. (online) http://jmes .ump.edu.my/images/Volume 10 Issue 1 June 2016/11_kettner et al.pdf (diakses 07/02/2017).

Kristanto, P. 2015. Motor Bakar Torak (Teori Dan Aplikasinya). Yogyakarta: Andi.

Mukono, J. 2006. Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan Edisi Kedua. Surabaya: Airlangga University Press.

Siddik, M. et al. 2014. Pengaruh Penggunaan Water Injection dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit Tahun 2006. (online) http://download.portalgaruda.org/article.php?article=430775&val=4092&t itl=Pengaruh Penggunaan Water Injection dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Ko Nsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit Tahun 2006 (diakses 07/02/2017).

Soenarta, N. dan Furuhama, S. 2002. Motor Serba Guna. Edisi Ketiga. Jakarta: Pradya Paramita

Suyanto, W. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Winoto, R. Alexander. dan Tedjasaputra, P. Kristanto. 2014. Analisa dan Pembuatan Water Coolant Injection Pada Motor Bensin Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang. Mechanova semester gasal 2014-2015. Vol 1 : 1-5. (Online) http://studentjournal.petra .ac.id/index.php/teknikmesin/article/viewFile/3033/2732 (diakses 15/03/2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p35-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats