PENGARUH PENYETELAN VALVE DAN VARIASI BUKAAN EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN DIESEL 4D56-2.5

Bayu Agung Prahadika, Sumarli Sumarli, Paryono Paryono

Abstract


Mobil unggul adalah mobil bermesin diesel biasa dimanfaatkan untuk lokomotif berat. Semua operasi kendaraan membutuhkan solar dan mengeluarkan emisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui setelan klep dan EGR pada asupan solar dan polusi dari mesin diesel 4D56.-2.5. Diharapkan penelitian dimanfaatkan untuk perbandingan ilmiah, mengembangkan peralatan praktis, atau untuk eksperimen rekayasa. Mesin diesel 4D56.-2.5 diuji dalam penganalisis asap dan burette tube di Laboratorium Otomotif Universitas Negeri Malang. Pengujian oleh dua pengaturan klep 0,25mm dan 0,35mm dan opsi EGR buka penuh, semi-buka penuh, dan tutup penuh untuk asupan solar dan polusi pada tekanan pedal gas 1.000 putaran, 1.500 putaran, 2.000 putaran, 2.500 putaran, 3.000 putaran, 3.500 putaran, dan 4.000 putaran. Hasil data menunjukkan bahwa: 1) mesin diesel setelan klep 0,25mm dan EGR varian buka penuh, semi-buka penuh dan tutup penuh terdapat perbedaan asupan solar yang substansial; 2) mesin diesel 4D56.-2.5 memiliki perbedaan asupan solar yang substansial antara varian EGR pada pengaturan klep 0,35mm; 3) setelan klep 0,25mm untuk mesin diesel ada perbedaan substansial antara varian EGR buka penuh, semi-buka penuh, dan tutup penuh dalam polusi; 4) terdapat perbedaan polusi antara varian EGR mesin diesel yang substansial saat menyetel klep 0,35mm. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti dapat memberikan saran, antara lain: 1) menjadi tolak ukur pengembangan ilmu otomotif dan penelitian terapan di masa depan bagi para pendidik dan mahasiswa di Universitas Negeri Malang; 2) digunakan sebagai sarana informasi, komunikasi untuk menyetel klep dan mengubah EGR pada mesin diesel; 3) Dapat dimulai sebagai indikator inovasi mesin diesel berdasarkan kemampuan penyetelan klep dan EGR dari Biosolar.

Keywords


klep; solar; polusi; diesel; EGR

Full Text:

PDF

References


Adi, Ketut. 2015. Pengaruh Resirkulasi Emisi Gas Buang terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Empat Langkah. Tesis Magister, Universitas Udayana.

Arend, BPM&Berenschot, H. (1980). Motor Bensin. Erlangga.

Boentarto. (2016). Pintar Servis Mesin Diesel. Pustaka Baru Press.

Febriantoro. (2017). Analysis of Performance, Combustion Process and Nox Emission of Diesel Engine From Waste Cooking Oil (WCO) With EGR System by Experiment. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Gerianto, Indrajaya, Ariana, M., dan Umam, K. U. (2009). Optimalisasi rasio aliran gas buang (EGR) pada beban yang berbeda pada mesin diesel dengan pemodelan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Gomma, M., Alimin, A.J., Kamarudin, K. . (2011). The Effect of EGR Rates On NOX and Smoke Emissions of An Diesel Engine Fuelled With Jatropha Biodiesel Blends. Energy and Environment.

Saifurijjal. (2012). Analisis Mekanisme Katup, Trobleshooting dan Variasi Celah Katup Masuk Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Isuzu C190. Universitas Negeri Semarang.

Syarifuddin. (2019). Pengaruh Temperatur Emisi (EGR) terhadap Exhaust Engine Exhaust dan Temperatur Mesin Diesel.

Wail M. Adaileh and Khaled S. Alqdah. (2012). No Title. In Performance of Diesel Engine Fuelled By A Biodesel Extracted From A Waste Cocking Oil (pp. 1317–1334). Energy Prodecia.

Widianto, A., M. (2014). Uji Kemampuan Campuran Bahan Bakar Solar Biodiesel Dari Minyak Biji Jarak Terhadap Unjuk Kerja dan Opasitas Mesin Diesel 4 Langkah. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, Vol. 02 No, 38–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p51-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats