PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PDTO SISWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI 10 MALANG

Ekky Redy Prasetyo, Partono Partono, M. Ihwanudin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui gambaran hasil belajar mata pelajaran PDTO siswa kelas X TKR di SMK Negeri 10 Malang dengan menggunakan model pembelajaran ceramah, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar mata pelajaran PDTO siswa kelas X TKR di SMK Negeri 10 Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran koopertif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran PDTO kelas X TKRO di SMK Negeri 10 Malang . Pada penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan Post-test Only Control Group Design dan terdapat dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subyek dalam penelitian ini kelas X TKR 3 dan Kelas X TKR 4 dengan instrumen penelitian berupa tes kognitif (multiple choice). Berdasarkan dari pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) gambaran hasil belajar menggunakan model ceramah mendapatkan rata-rata 55,75, (2) gambaran hasil belajar menggunkana model snowball throwing mendapat rata-rata 74,84, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PDTO kelas X TKR di SMK Negeri 10 Malang.

Keywords


hasil belajar; kooperatif; snowball throwing; model

Full Text:

PDF

References


Febriana. Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Guntoro, Muhammad Yuniardi (2014) Hubungan Antara Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2018). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 4, Nomor 1, April 2018 PENERAPAN PBL. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(April), 53–62.

Irawan, Didik Andy. 2018. Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR E di SMK Ma’arif Salam. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing

Rahayu, D. M., Supriyadi, I., & Yusgiantoro, P. (2020). The Strategy of Handling Crisis and Emergency of Oil Fuel With Scenario Planning. Ketahanan Energi, 4(1), 1–17.

Riyanto, Agus. 2009. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sari, Indra Kartika. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatife Leaning. Yogyakarta: Pustaka Media

Tiwery, Badseba. 2019. Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Malang: Media Nusa Creative

Wahyudi, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Snowball Throwing di Kelas XI SMK Negeri 1 Nglegok. 5(2), 267–277.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats