PENGARUH LAP WINDING DAN WAVE WINDING DENGAN KAWAT TEMBAGA HELLENIC TERHADAP KECEPATAN DAN TORSI MOTOR POWER WINDOW TOYOTA AVANZA

Risky Martha Ardiyan Kurniawan, Imam Muda Nauri, Fuad Indra Kusuma

Abstract


Power Window adalah fitur kendaraan yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca pintu kendaraan dengan menekan tombol yang ada pada door trim. Dalam cara kerja power window memanfaatkan tenaga elektrik dari motor DC untuk memutar mekanisme pengangkat kaca. Semakin lama motor DC digunakan akan menurunkan kualitas dari motor DC dikarenakan isolasi yang menipis maka perlu dilakukan rewinding. Lilitan yang digunakan dalam proses rewinding adalah lap winding dan wave winding. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat jenis lilitan mana yang lebih baik digunakan apabila terjadi kerusakan pada motor power window. Hasil penelitian diketahui bahwa wave winding memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan standar dan lap winding. Pada wave winding menghasilkan rata-rata kecepatan sebesar 8304 RPM sedangkan pada standar 7794,5 RPM dan lap winding 6802,25 RPM. Pada pengujian torsi memiliki hasil yang tidak signifikan dengan torsi terbesar yang di awal hampir sama yaitu lilitan standar sebesar 0,01041 Nm, lap winding sebesar 0,0191 Nm, dan wave winding 0,01197 Nm. Dengan hasil motor DC power window yang dililit menggunakan wave winding memiliki efisiensi lebih baik dibandingkan dengan lap winding.

Keywords


power window; winding; motor DC

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., & Nugroho, N. 2015. Analisa Motor DC (Direct Current) Sebagai Penggerak Mobil Listrik. Jurnal Mikrotiga, 2 (3): 28–34.

Bagia, I. N., & Parsa, I. M. 2018. Motor-Motor Listrik. Kupang: CV. Rasi Terbit.

Dewi, Y. K., Hadi, W. & Bachri, M. S. 2014. Rancang Bangun Kumparan Stator Motor Induksi 1 Fasa 4 Kutub Dengan Metode Kumparan Jerat. Repositoru.unej.ac.id

Hidayat, M. F. A. 2020. Unjuk Kerja Motor Brushless Direct Current Axial Flux 3 Fasa Stator Ganda terhadap Perbedaan Jenis Kawat Enamel Pada Lilitan Stator. Jember: repository.unej.ac.id.

Iftadi, I. 2015. Kelistrikan Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mukhadis, A. 2002. Prosedur Praktis Analisis Varian dan Analisis Post Hoc Penelitian Eksperimental Dalam Bidang Pembelajaran dan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Parhan. N. 2013. Teknik Listrik. Malang: VEDC Malang.

Prawoto, Y. & Yusof, M. A. 2013. Automotive Power Window Mechanism Failure Initiated by Overload. Engineering Failure Analysis, 31: 179–188.

Saptono, Hery, Gatot Eka Pramono, and Hablinur Al Khindi. 2018. Analisa Daya dan Kontrol Kecepatan Motor Pada Alat Bantu Las Rotary Positioner Table. AME (Aplikasi Mekanika dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 4(1): 23.

Wijaya, M. 2001. Dasar-Dasar Mesin Listrik. Jakarta: Djambatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p19-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats